Lagi-lagi Drone, Rudal Pantsyr Rusia di Suriah Berhasil Jatuhkan dari Jarak Jauh

0

MYLESAT.COM – Rupanya drone masih menjadi ancaman yang nyata bagi militer sekalipun.

Menurut Kementerian Luar Negeri Rusia, wahana udara tak berawak alias drone tak dikenal ini berhasil dihentikan sistem pertahanan udara yang dikendalikan radar.

Drone diidentifikasi saat mendekati pangkalan udara Hmeymim milik Rusia di Suriah dari bagian timur laut Laut Mediterania saat matahari mulai turun.

Sebuah drone kecil tak dikenal ini mendekati pangkalan udara Rusia di Hmeymim Suriah, dan berhasil dijatuhkan oleh sistem pertahanan rudal Pantsyr, seperti disampaikan kementerian luar negeri Rusia, Senin (3/2/2020).

“Sasaran dihancurkan oleh rudal Panstyr-S dari jarak jauh dari pangkalan udara. Tidak ada yang terluka. Tidak ada kerusakan material,” kata Kemenlu, menambahkan bahwa pangkalan udara itu beroperasi secara rutin.

Serangan pesawat tak berawak sebelumnya di pangkalan Hmeymim dilakukan oleh gerilyawan pada 19 Januari. Drone juga berhasil dijatuhkan pada jarak yang aman dari pangkalan.

Saat ini dua sistem Pantsyr dikerahkan di Suriah. Satu di pangkalan Hmeymim dan yang lainnya digunakan oleh tentara pemerintah Suriah.

Pantsyr-S1 (NATO: SA-22 Greyhound) adalah sistem rudal permukaan ke udara yang dirancang untuk melindungi fasilitas militer dan sipil, termasuk sistem pertahanan udara jarak jauh.

Pantsyr terdiri dari 12 rudal darat ke udara (masing-masing enam rudal dalam dua kontainer pengangkut dan peluncur).

Pantsyr juga dipersenjatai dengan dua kanon 30mm, yang masing-masing mampu menembakkan hingga 40 peluru per detik.

Share.

About Author

Leave A Reply