Saab Boyong Gripen E/F dan GlobalEye untuk Bersaing Rebut Kontrak Finlandia

0

MYLESAT.COM – Saab bersaing di Finlandia untuk merebut kontrak pesawat tempur dan pesawat AEW&C.

Pabrikan pesawat Saab asal Swedia, secara resmi meluncurkan fase evaluasi penerbangan dari pesawat tempur Gripen E/F dan GlobalEye AEW&C (airborne early warning and control). Penerbangan dilakukan untuk memenuhi program HX Finlandia.

Pesawat uji Gripen E nomor 39-10 tiba di Pangkalan Udara Tampere-Pirkkala di utara Helsinki, sehari sebelum Saab media day untuk menandai dimulainya HX Challenge pada 30 Januari.

Karena cuaca buruk, diputuskan untuk tidak terbang sampai hari berikutnya. Pesawat kursi tunggal 39-10 (standar produksi pertama Gripen E) bergabung dengan pesawat demo 39-7 Gripen NG pada 31 Januari.

GlobalEye terbang dari fasilitas Saab di Linköping, Swedia, pada 30 Januari dengan delegasi Angkatan Udara Finlandia ikut di pesawat.

Pesawat akan terus terbang keluar dari Linköping selama evaluasi, karena di situlah perusahaan melakukan pengarahan singkat dan peralatan spesialis terkait lainnya berada.

Gripen E 39-10, Gripen NG 39-7 dan GlobalEye akan dievaluasi hingga 6 Februari.

Kedatangan Saab di Finlandia untuk evaluasi HX Challenge melanjutkan demo sebelumnya oleh Eurofighter Typhoon dari 9 hingga 17 Januari, dan Dassault Rafale dari 20 hingga 28 Januari.

Setelah Saab dan Gripen E serta GlobalEye, Lockheed Martin akan memamerkan F-35A Lightning II JSF dari 7-17 Februari, dan Boeing mengakhiri proses dengan pesawat F/A-18E/F Super Hornet dan EA-18G Growler dari 18 hingga 26 Februari.

Berbicara pada hari pembukaan evaluasi Saab, kepala perusahaan program HX, Magnus Skogberg, menjabarkan rincian penawaran untuk Finlandia.

Ia juga menjelaskan mengapa kombinasi Gripen E dan GlobalEye memberikan produsen Swedia itu keunggulan dalam kompetisi.

Share.

About Author

Leave A Reply