Legion of Merit, Salah Satu Medali Tertinggi di AS yang Dikalungkan ke Jenderal Andika Perkasa

0

MYLESAT.COM – KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa menerima penganugerahan Medali The Legion of Merit (Commander degree) dari Pemerintah Amerika Serikat. Medali ini ditandatangani oleh Menteri Pertahanan AS.

Medali Kehormatan ini disematkan secara langsung oleh Jenderal James C. McConville yang merupakan KSAD AS dalam sebuah upacara resmi penyambutan di Whipple Field, Arlington, Amerika Serikat pada 30 Januari 2020.

Dalam sertifikat Medali The Legion of Merit (Commander degree) disebutkan bahwa dalam masa jabatannya sebagai KSAD, Jenderal Andika dinilai telah memberikan pengabdian yang luar biasa dan memperkuat hubungan kedua Angkatan Darat, sehingga memberikan kontribusi positif bagi stabilitas keamanan kawasan Indo-Pasifik.

Demikian pula atas inisiatif Andika Perkasa dengan telah dimulainya pertukaran latihan satuan pada November 2019. Selain itu juga pengiriman satuan TNI AD dalam jumlah lebih besar untuk berlatih di Joint Readiness Training Centre (JRTC) Fort Polk, Louisiana, Amerika Serikat pada November 2020.

Andika juga dinilai memberikan dukungan bagi penguatan kerja sama satuan helikopter Apache yaitu Skadron 11/Serbu Penerbad dengan US Army 16th Combat Aviation Brigade.

Pada akhirnya, upaya dan inisiatif di atas telah menjadikan hubungan kedua Angkatan Darat semakin erat, baik pada tingkat individu maupun satuan.

Medali The Legion of Merit dianugerahkan dalam empat tingkatan (degree): Chief Commander degree, Commander degree, Officer degree, dan Legionnaire degree.

Sehari sebelumnya, Jenderal Andika telah menerima penganugerahan The International Fellows Hall of Fame yang disampaikan oleh Vice Admiral F. J. Roegge selaku Presiden National Defence University (NDU).

Anugerah diberikan kepada alumni NDU yang berhasil meraih jabatan militer tertinggi di angkatan bersenjata. Baik sebagai kepala staf, panglima atau jabatan sipil setingkat di pemerintahan.

Jenderal TNI Andika Perkasa merupakan alumni internasional NDU ke-71 dan alumnus asal Indonesia kedua yang memperoleh penghargaan ini.

Medali Legion of Merit adalah penghargaan militer Angkatan Bersenjata Amerika Serikat yang diberikan kepada seseorang yang sangat berjasa dengan kinerja dan pencapaian yang luar biasa.

Medali ini dikeluarkan untuk anggota dari delapan unit berseragam di Amerika Serikat serta tokoh militer dan politik negara sahabat AS.

Legion of Merit (Commander Degree) adalah salah satu dari hanya dua dekorasi militer Amerika Serikat yang diberikan dengan cara dikalungkan di leher. Medali kedua adalah penghargaan yang paling tinggi yaitu Medal of Honor.

Share.

About Author

Leave A Reply