Kenangan Mayor (Pur) Hermintoyo Saat Menjadi Walpri Presiden Habibie

0

MYLESAT.COM – Kepergian Prof. BJ. Habibie menghadap Sang Khalik telah meninggalkan kenangan mendalam bagi banyak orang. Tak terkecuali bagi anggota TNI yang pernah mengawal Habibie semasa menjadi presiden.

Mayor (Pur) Hermintoyo, anggota Kopassus yang saat itu bertugas di Paspampres seperti dikutip angkasa.news, ditugaskan sebagai pengawal pribadi (Walpri) Habibie.

Selama mengawal Habibie, banyak kejadian disaksikan Hermintoyo termasuk saat-saat genting pada 22 Mei 1998 ketika sejumlah jenderal menghadap Presiden Habibie di Wisma Negara.

Suatu pagi, kenang Hermintoyo, Habibie berenang di kolam renang yang berada di samping kediaman. Rupanya sebelum berenang, Habibie membakar roti namun lupa mengangkatnya. Tiba-tiba asap mengebul dari dalam ruangan.

“Kebarakan, kebakaran,” teriak asisten rumah tangga.

Melihat kejadian itu, Hermintoyo langsung lari sambil membawa alat pemadam kebakaran. Sementara pengawal yang lain mencabut kabel listrik dari alat pemanggang roti.

Habibie yang mengetahui insiden pagi itu, dengan santainya keluar dari kolam renang sambil ketawa dan mengatakan.

“Hebat para pengawal,” ujar Habibie. Rupanya Habibie mengapresiasi kesigapan para Walpri yang bertindak cepat.

Hermintoyo mengaku tidak lama jadi walpri Habibie yang tinggal di Patra Kuningan.

“Saya jadi walpri beliau tidak lama. Setelah beliau menjadi Wapres dan mengadakan kunjungan ke Italia pada 28-31 Maret 1998, saya mengikuti kunjungan beliau,” ungkap Hermintoyo.

Ketika Presiden Soeharto mundur dari jabatannya pada 21 Mei 1998, Habibie yang menjadi wapres diangkat menjadi presiden.

“Tanggal 22 Mei 1998 saya kawal Pak Habibie jam 10.00 wib melantik para menteri, yg seharusnya bliu kembali ke patra kuningan, tapi tdk jadi n langsung ke Wisma negara n ibu Habibie dijemput bergabung ke Wisma Negara,” tulis Hermintoyo.

Sayang sekali Hermintoyo tidak sempat menyimpan foto bersama Habibie.

“Foto dg bpk Habibie tdk ada, karena setelah itu bln mei saya diminta Pak Try Sutrisno mengawal pak Try mantan Wakil Presiden,” urainya.

Saat itu memang Paspampres belum memiliki Grup D yang khusus mengawal mantan presiden maupun wakil presiden.

“Saya bangga pernah menjadi pengawal Pak Habibie,” tutur Mayor (Pur), yang menjadi salah satu anggota Satgas Nanggala V Kopassandha yang diterjunkan di Dili pada 7 Desember 1975.

Share.

About Author

Leave A Reply