INS Imphal, Destroyer Siluman Ketiga yang Asli Buatan Bangsa India Resmi Diluncurkan

0

MYLESAT.COM – India kembali mengukuhkan pencapaian teknologi kemaritiman dengan meluncurkan kapal perang destroyer rudal INS Imphal (20/4/2019).

KSAL India Laksamana Sunil Lanba meluncurkan kapal perang ketiga dari Project 15B di Mazagon Dock Shipbuilders Limited, Mumbai.

Peluncuran ini menandai tonggak penting dalam sejarah desain kapal perang India.

INS Imphal adalah kapal ketiga dari destroyer rudal kelas Visakhapatnam Angkatan Laut India. Yaitu INS Visakhapatnam, INS Mormugao, INS Imphal, dan INS Porbandar yang masih dalam pembangunan.

Proyek untuk keempat kapal kelas Visakhapatnam ini mencapai 4 miliar dolar AS. INS Imphal diharapkan akan mulai bertugas tahun 2023.

Diberi nama demikian sebagai pengakuan atas tentara India yang bertempur dalam Battle of Imphal (8 Maret – 3 Juli 1944) selama Perang Dunia II. Ini adalah kapal AL India pertama yang dinamai berdasarkan kota di India Timur Laut.

Dengan berat peluncuran 3.037 ton, INS Imphal melakukan kontak pertama dengan air pada pukul 12.20 dalam kemeriahan upacara.

Sesuai tradisi maritim, Ny. Reena Lanba selaku Presiden NWWA (Navy Wives Welfare Association) memecahkan kelapa di haluan kapal dan meluncurkan kapal diiringi doa.

Kapal Project 15B memiliki fitur canggih dan dapat dibandingkan dengan kapal terbaik dari kelas serupa di dunia. Kapal ini telah dirancang secara mandiri oleh Direktorat Desain Angkatan Laut India, New Delhi.

Setiap kapal memiliki panjang 163 meter, beam 17,4 meter, berat 7.300 ton. Kapal menggunakan empat mesin turbin gas untuk mencapai kecepatan lebih dari 30 knot.

Destroyer P15B menggabungkan konsep desain baru untuk meningkatkan kemampuan bertahan, menjaga laut, siluman, dan kemampuan manuver.

Fitur siluman yang ditingkatkan telah diraih melalui pembentukan lambung dan penggunaan perlengkapan dek transparan radar yang membuat kapal sulit dideteksi.

Untuk mendukung operasinya, INS Imphal akan membawa dua helikopter multiperan.

Kapal-kapal ini dikemas dengan berbagai senjata dan sensor canggih, termasuk radar pengawasan multifungsi dan sistem rudal luncur vertikal untuk penghancuran target jarak jauh.

Dengan konten asli yang signifikan, kapal-kapal kelas Visakhapatnam ini adalah wujud kemandirian yang dicapai India dalam desain dan pembuatan kapal perang dalam semangat Make in India.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.