Polandia Boyong 4 Unit Helikopter Leonardo AW101

0

MYLESAT.COM – Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki dan Menteri Pertahanan Mariusz Blaszczak, menandatangani kontrak pembelian empat helikopter Leonardo AW101 di fasilitas PZL-Åšwidnik di Polandia timur (26/4/2019).

Menurut anak perusahaan Leonardo, nilai dari kesepakatan yang meliputi logistik, dukungan, pelatihan, dan paket peralatan medis itu mencapai 430 juta dolar AS.

Pembelian oleh Angkatan Laut Polandia ini adalah helikopter AgustaWestland AW101 misi antikapal selam (ASW) dan SAR tempur (CSAR).

Baik Kemhan Polandia (MND) maupun Leonardo, tidak mengungkapkan jadwal pengiriman helikopter baru, yang akan menggantikan helikopter ASW era-Pakta Mil Mi-14 Haze ASW yang dioperasikan AL Polandia.

Sementara pesanan diumumkan untuk empat helikopter, kemungkinan ada pesanan lanjutan untuk empat helikopter lagi.

Menurut Leonardo, helikopter AW101 sangat cocok menjalankan misi ASW dan CSAR di wilayah kerairan karena tiga mesinnya menjanjikan keunggulan prima.

Begitu juga sistem perlindungan es lengkap, kemampuan terbang jarak jauh pada kisaran 1.300 km serta beberapa fitur redundansi dalam sistem avionik dan misi.

Pintu kabin yang besar dan rampa belakang menyediakan akses mudah bagi personel, penyintas (survivors), dan peralatan untuk dibawa ke dalam kabin.

Polandia telah berupaya memperbarui armada sayap putarnya selama beberapa tahun. Pada 2015, Polandia memilih helikopter Airbus H225M untuk tiga angkatan sebanyak 50 unit.

Namun, perubahan pemerintahan menyebabkan pembatalan kontrak dengan pabrikan Franco-Jerman itu pada 2016.

Alih-alih pesanan besar tunggal, Warsawa telah memberikan komitmen sedikit demi sedikit, termasuk untuk empat unit helikopter S-70i Black Hawk yang ditandatangani awal tahun ini dengan Sikorsky.

Helikopter akan digunakan untuk misi pasukan khusus.

Media lokal melaporkan bahwa berdasarkan kesepakatan dengan Leonardo, setiap AW101 akan memakan biaya 107 juta dolar (Z412 juta) dibanding biaya per unit sebesar Z270 untuk helikopter H225M.

Helikopter Leonardo AW101 sempat menjadi pemberitaan besar di tanah air terkait kusutnya pengadaan satu unit heli ini oleh TNI AU.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.