Asyik… Panitia Janji Gelar Jambore Air Sport 2019 Kedua Oktober Mendatang

0

MYLESAT.COM – Hari ini, Minggu (28/4/2019), Dinas Potensi Dirgantara (Dispotdirga) Mabes TNI AU sukses menggelar Jambore Air Sport 2019 di Hanggar 27 Pusat Pendidikan Kedirgantaraan Gerakan Pramuka (Pusdirga) di Bandara Khusus Wiladatika, Cibubur.

Warga yang datang memang tidak tumplek blek, namun setidaknya dari catatan panitia, sekitar 3.000 orang datang memadati area Jambore yang asri dan bersih itu.

Pengunjung juga antusias untuk bisa mendapatkan kesempatan joy flight dengan trike.

“Persiapannya singkat sekali, jadi promosi tidak maksimal,” ujar Sesdispotdirga Kolonel Pnb Agung Sasongkojati.

Dari pengumuman panitia sebelum joy flight diakhiri menjelang tengah hari, disampaikan bahwa Jambore ini akan kembali digelar Oktober mendatang.

“Insya allah ibu-ibu dan bapak-bapak yang belum sempat joy flight, nanti kita adakan lagi bulan Oktober, nanti yang ngadain Pusdirga,” ujar panitia ini mantap.

Rencana ini diamini oleh Bagas Adhadhirga selaku Direktur Asia Aero Technology (AAT) yang mengelola Pusdirga kepada mylesat.com.

“Kita rencanakan Oktober bisa menggelar Jambore, lebih heboh lagi tentunya, mohon dukungannya ya,” ungkap Bagas optimis.

Orang tua antusias menanamkan cinta dirgantara kepada anak-anaknya saat Jambore Air Sport 2019. Foto: beny adrian/mylesat.com

Jambore Air Sport 2019 menggelar pameran statik sejumlah pesawat swayasa, pesawat Pitts, trike, paramotor gantole, paralayang, drone, dan aeromodeling.

Pada kesempatan ini Dispotdirga juga menyerahkan sertifikat atau lisensi terbang kepada sejumlah pilot drone. “Kami membuka kelas untuk pilot drone, agar bisa menerbangkan drone sesuai aturan yang ada dan tidak melanggar hukum,” kata Agung lagi.

Panitia Jambore Air Sport 2019 mengakui kurangnya promosi kegiatan ini. Sehingga pengunjung pun tidak sebanyak seperti biasanya. Menjelang acara ditutup siang itu, masih ada beberapa pengunjung baru datang.

Sejatinya untuk negara kepulauan seperti Indonesia, kegiatan sejenis Jambore Air Sport atau airshow harus lebih digalakkan penyelenggaraannya. Tentu saja tidak hanya di Jakarta, tapi merata di sejumlah spot di tanah air.

Karena eksebisi seperti Jambore Air Sport ini sangat efektif mengedukasi masyarakat untuk mencintai dunia kedirgantaraan.

Selain bisa menjadi alternatif kegiatan luar ruang warga Jakarta dan sekitarnya di akhir pekan, para orang tua pun mempunyai kesempatan langsung untuk memperkenalkan putra-putrinya dengan dunia penerbangan yang padat teknologi.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply