Boeing Rilis Konsep Pesawat Tempur F-15EX Advanced Eagle, AU AS Butuh 8 Pesawat

0

Nasib pesawat tempur Boeing F-15 Eagle memang belum berakhir. Buktinya Boeing merilis gambar konsep pesawat tempur F-15EX Advanced Eagle.

Melalui gambar konsep yang ditampilkan di situsnya, Boeing ingin memperkenalkan versi terbaru pesawat tempur F-15EX, yang dikenal dengan Strike Eagle on Steroids.

Dengan gambar konsep ini, Boeing mengungkapkan detail tambahan pesawat tempur yang dibuat khusus untuk Angkatan Udara Amerika Serikat itu.

F-15EX dikembangkan dengan memanfaatkan investasi teknologi 5 miliar dolar AS selama dekade terakhir untuk menjadikan pesawat tempur AU AS ini varian paling modern dari F-15 di dunia.

Melengkapi pesawat lainnya, kehadiran F-15EX akan meningkatkan kemampuan tempur udara AU AS.

Advanced Eagle akan memiliki kapasitas stasiun senjata tak tertandingi hingga 29.500 lbs yang didukung 12 titik gantungan senjata udara ke udara dan 15 titik gantungan senjata udara ke darat.

F-15EX akan mampu membawa berbagai macam senjata udara ke udara, udara ke darat dan untuk fungsi serang maritim. Dengan kecanggihan sistemnya, F-15EX mampu menghadapi banyak target pada setiap misinya.

Sementarea dengan mesin kembar terbaru dan lebih bertenaga, memberikan F-15EX kecepatan dan akselerasi yang tak tertandingi, yang memungkinkan pilot mencapai sasaran lebih cepat.

Bulan lalu, AU AS meluncurkan permintaan anggaran hampir 166 miliar dolar untuk tahun fiskal 2020 termasuk rencana membeli delapan pesawat tempur F-15EX untuk menggantikan armada F-15C/D.

Menurut permintaan anggaran ini, harga pesawat akan mencapai 80 juta dolar per pesawat. Namun biaya itu akan naik menjadi 125 juta dolar untuk masing-masing dari delapan pesawat.

Total kesepakatan akan bernilai lebih dari 1,1 miliar dolar AS, mencakup produksi delapan pesawat tempur F-15EX Advanced Eagle.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.