NATO Pastikan Rencana AS Pasang Sistem Pertahanan Rudal THAAD di Rumania

0

NATO mengonfirmasi rencana Amerika Serikat untuk mengirim sistem
Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) di Rumani seperti dijelaskan pada 11 April 2019.

Menurut NATO, AS akan memenuhi komitmennya untuk Pertahanan Rudal Balistik NATO dengan penerapan sementara sistem THAAD ke Deveselu di Rumania.

“Unit THAAD akan berada di bawah kendali operasional NATO dan kontrol politik penuh dari Dewan Atlantik Utara. Ini hanya akan tetap beroperasi sampai situs Aegis Ashore Rumania kembali online. Pembaruan dan penyebaran diharapkan berlangsung beberapa minggu,” kata rilis.

Rilis ini juga menekankan bahwa sesuai dengan sistem Pertahanan Rudal Balistik NATO, sistem THAAD akan difokuskan pada potensi ancaman dari luar kawasan Euro-Atlantik.

Angkatan Darat AS sementara waktu akan menerapkan sistem THAAD, yang akan diintegrasikan ke dalam arsitektur pertahanan rudal balistik NATO.

Unit THAAD yang berasal dari Brigade Artileri Pertahanan Udara ke-69 berbasis di Fort Hood, Texas, akan beroperasi di Naval Support Facility Deveselu.

Begitu berada di tempat, Komando Udara Sekutu NATO akan mengambil kendali operasional unit.

Elemen THAAD memberikan kemampuan yang dapat diangkut secara global, yang dapat dengan cepat digunakan untuk mencegat rudal balistik di dalam atau di luar atmosfer selama fase terakhir, terminal penerbangannya.

THAAD adalah sistem senjata pertahanan. Sistem ini menggunakan teknologi hit-to-kill di mana energi kinetik menghancurkan target yang masuk.

Sistem THAAD menjadi kunci dari Sistem Pertahanan Rudal Balistik (BMDS).

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.