Perkuat Sisi Selatan NATO, AS Donasikan 37 Ranpur MRAP untuk Albania

0

Pemerintah Amerika Serikat mendonasikan sebanyak 37 ranpur MRAP (Mine-Resistant Ambush-Protected) kepada Angkatan Bersenjata Albania. Penyerahan berlangsung dalam sebuah upacara sederhana pada 4 April 2019.

Upacara dihadiri Menteri Pertahanan Albania Olta Xhacka, perwakilan Kedubes AS (charge d’affaires) Tirana Leyla Moses-Ones, dan Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Albania Brigjen Bardhyl Kollcaku.

Menhan Olta Xhacka menyampaikan ucapa terima kasih kepada pemerintah AS atas dukungannya yang berkelanjutan untuk Albania, khususnya atas sumbangan 37 ranpur Navistar MaxxPro.

Sumbangan ranpur MRAP ini akan meningkatkan kemampuan militer Albania. Selain akan membuat Albania mencapai level kemampuan sesuai standar NATO.

Ranpur baru ini akan meningkatkan pertahanan internal Albania, memperkuat sisi selatan NATO, dan memberikan kekuatan tempur penting bagi NATO yang dapat dikerahkan untuk mendukung operasi global.

Ranpur MRAP ini didonasikan berdasarkan program AS untuk kelebihan barang militer Excess Defense Articles (EDA) sesuai perjanjian AS-Albania 2015.

Di bawah perjanjian ini, AS mendonasikan 250 unit kendaraan tempur beroda dari EDA melalui EDA dalam rangka bantuan.

Pada 2017, Albania menerima 77 ranpur HMMWV M1114 dan tiga pertama MaxxPro sebagai langkah awal perjanjian.

Pada 2015-2018, Kemhan Albania juga menerima bantuan dari kehadiran pasukan Italia berupa tujuh ranpur Iveco LMV.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.