Bertindak Provokatif, Pesawat Tempur J-11 China Melintas di Atas Selat Taiwan

0

Pada 31 Maret 2019, dua pesawat tempur Shenyang J-11 milik Angkatan Udara China (PLAAF), melintasi garis tengah di Selat Taiwan, memaksa Taiwan untuk menerbangkan pesawat tempurnya untuk mendeteksi visual.

Hal itu ditegaskan Menhan Taiwan bahwa pihaknya scrambled pesawat tempur pada Minggu pagi dan menyiarkan peringatan setelah dua pesawat tempur J-11 melintas di atas “median line” di dalam wilayah perairan yang memisahkan Taiwan dan China daratan.

Selat Taiwan selebar 180 km memisahkan daratan China dari Taiwan yang dipandang Beijing sebagai provinsi pemberontak yang harus dibawa kembali ke pangkalannya, bila perlu dengan kekerasan.

“Pukul 11 ​​pagi, 31 Maret, 2 jet J-11 PLAAF melanggar perjanjian yang telah lama dipegang dengan melintasi garis tengah Selat Taiwan,” kata Kementerian Luar Negeri Taiwan di Twitter.

“Itu adalah tindakan yang disengaja, sembrono dan provokatif. Kami telah memberi tahu mitra regional dan mengutuk China atas perilaku seperti itu,” tambah pihak kementerian.

Menurut media lokal Taiwan, insiden hari Minggu itu memicu 10 menit saling intai di antara pesawat tempur kedua belah pihak.

Shenyang J-11 adalah pesawat tempur buata China yang airframe-nya menggunakan Sukhoi Su-27 Flanker. Pesawat tempur ini dibuat oleh Shenyang Aircraft Sorporation dan dioperasikan oleh AU dan AL China.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.