Rusia Terima 6 Pesawat Intai Radar Terbang A-50U Pasca Upgraded

0

Perusahaan Vega yang telah diintegrasikan ke dalam Ruselectronics Group (bagian dari Rostec) dan Beriev Aircraft (bagian dari United Aircraft Corporation), mengirimkan enam pesawat radar terbang A-50U yang selesai di-upgraded.

A-50U adalah pesawat intai jarak jauh yang mengusung radar dan dioperasikan oleh AU Rusia seperti dilaporkan kantor berita TASS (28/3/2019).

A-50U adalah updated variant dari A-50M dengan penggunaan sistem elektronik baru yang lebih modern dan peningkatan level kenyamanan kru.

“Pesawat pengatur dan pengintai radar jarak jauh A-50U telah dimodernisasi sebagai bagian dari program berskala besar untuk memperbarui pesawat pengintai radar jarak jauh yang ditentukan oleh rencana pengadaan pertahanan,” bunyi rilis Rostec.

Pesawat radar tebang A-50U melakukan penerbangan perdana tahun 2011. Pesawat ini adalah derivatif dari Beriev A-50 dan turunan langsung dari Il-76, yang sudah berdinas sejak 1989.

Pesawat pengintai radar jarak jauh adalah radar terbang dengan fungsi pos komando dan kontrol.

A-50U didesain untuk melakukan deteksi, penjejakan, dan menentukan target yang akan dieksekusi. Baik di udara, laut, dan darat.

Dengan penciumannya yang tajam, A-50U mampu menemukan target pada jarak 800 kilometer dan beroperasi sejauh 7.500 kilometer.

Data dari A-50 ditransfer ke pos komando untuk kemudian memandu pesawat tempur menuju ke sasaran.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.