Tidak Benar Su-27 Rusia Kejar B-52H di Atas Laut Baltik, Ini Bantahan Resmi Jubir AU AS

0

Juru bicara Angkatan Udara Amerika Serikat (AU AS) di Eropa dan Afrika Renae Pittman, pada Kamis (21/3/2019) membantah klaim bahwa dua pesawat tempur Sukhoi Su-27 Rusia mengejar pesawat pembom B-52H Stratofortress untuk menjauh dari perbatasan Rusia di atas Laut Baltik.

Menurut keterangan ini, Su-27 Rusia tidak mengejar pesawat pembom B-52H dari perbatasan Rusia di atas Laut Baltik, bahkan pembom ini menyelesaikan misinya.

Baca: Selanjutnya, Giliran Su-27 Rusia Intersep Pembom Strategis B-52H AU AS di Laut Baltik

“Pada 20 Maret, B-52 melakukan interaksi rutin dengan Su-27 Rusia saat melakukan operasi di atas Laut Baltik. Penerbang menggunakan transponder dan beroperasi sesuai hukum internasional. Pesawat Rusia tidak mengejar B-52, dan pembom mampu menyelesaikan misinya. Operasi dan keterlibatan dengan sekutu dan mitra kami menunjukkan dan memperkuat komitmen bersama kami untuk keamanan dan stabilitas global, ”katanya.

AU AS mengirim enam pembom B-52 ke Inggris untu melaksanakan sejumlah latihan di wilayah Eropa.

Pesawat beserta 450 personel AU AS tiba di Pangkalan Udara Fairford pada Kamis (14/3/2019) dari Pangkalan Barksdale di Louisiana.

Baru-baru ini, empat B-52H Stratofortress terbang dari Fairford, Inggris ke beberapa tempat di Eropa termasuk Laut Norwegia, Laut Baltik, dan Laut Mediterania.

United States Strategic Command menunjukkan komitmen kepada sekutunya melalui kerja sama global militer. Misi pembom, seperti dari Fairford, mewakili dukungan AS yang tak tergoyahkan kepada sekutunya dan komitmen AS terhadap keamanan regional.

“Ini adalah penugasan rutin, menunjukkan bahwa payung nuklir AS melindungi Eropa dan menunjukkan kemampuan unik yang dapat dibawa AS ke Eropa dalam keadaan krisis. Penempatan B-52 adalah pertanda lain bahwa Amerika Serikat sangat berkomitmen pada NATO,” jelas juru bicara NATO Oana Lungescu.

Pesawat pembom strategis, bagian dari Bomber Task Force yang saat ini dikerahkan ke wilayah tanggung jawab US European Command, berasal 2nd Bomb Wing, Barksdale Air Force Base, Louisiana.

Amerika Serikat telah mengerahkan pesawat pembom strategis seperti B-52H Stratofortress di Eropa setidaknya setahun sekali sejak 2014.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.