KSAU Pastikan TNI AU Beli 6 Unit Pesawat Pemadam Kebakaran CL-415

0

TNI AU dipastikan membeli enam pesawat amfibi spesialis pemadam kebakaran Canadair CL-415 dari Kanada.

Kepastian itu disampaikan KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna kepada para pemimpin redaksi media nasional di ruang VIP Lanud Adi Sucipto, Yogyakarta, Selasa (19/3/2019).

Hari ini KSAU menggelar sambung rasa dengan sejumlah pemred dan wartawan di Lanud Adi Sucipto.

Dalam sambung rasa ini Marsekal Yuyu memberikan kesempatan kepada media untuk bertemu langsung dengan tim Jupiter Aerobatic Team (JAT) yang akan tampil di Lankawi International Maritime and Aerospace Exhibiton di Langkawi, Malaysia.

Pameran akan berlangsung dari 26-30 Maret 2019. Pada kesempatan ini, KSAU mengajak para wartawan menyaksikan langsung latihan terakhir JAT di atas langit Lanud Adi Sucipto.

“Pesawat CL-415 akan digunakan dalam misi penanggulangan kebakaran hutan yang rutin terjadi di wilayah Pekanbaru,” ujar KSAU.

Menurut Yuyu, pemerintah memutuskan membeli CL-415 karena selama ini BNPB menghabiskan anggaran cukup besar untuk menyewa helikopter Mi-17 dari Rusia.

Untuk itu akan lebih efisien jika Indonesia mengoperasikan sendiri pesawat pemadam kebakaran.

Dijelaskan KSAU, untuk mengoperasikan CL-415 ini TNI AU tidak akan melakukan pemekaran organisasi.

“Kita tidak buat skadron baru, nanti dimasukkan ke dalam Skadron 4,” ungkap Yuyu.

Untuk efektivitas pengoperasian, pesawat CL-415 akan ditempatkan di Pekanbaru. “Nanti kita akan bangun shelter di Pekanbaru,” urai KSAU.

Canadair CL-415 (Superscooper, kemudian Bombardier 415) adalah pesawat amfibi berbasis CL-215 dan dirancang khusus untuk pemadam kebakaran. Pesawat ini dibangun oleh Canadair yang kemudian menjadi Bombardier.

Dibanding CL-215, CL-415 telah mengalami peningkatan bobot dan kecepatan.

CL-415 dapat meraup hingga 6.140 liter (1.620 US gal) air dari sumber terdekat, yang bisa dicampur busa kimia jika diinginkan untuk pemadaman kebakaran.

Sekitar awal tahun 2000, Canadair pernah berkunjung ke Jakarta untuk promo tour pesawatnya. Sejumlah wartawan diajak menyaksikan langsung pesawat di Lanud Halim Perdanakusuma.

Ketika itu Canadair CL-415 juga melakukan demonstrasi kemampuan penyedotan air di kawasan Ancol.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.