Diserang Kekuatan Tidak Berimbang di Nduga, Pasukan TNI Pukul Mundur KKSB Papua

0

Pasukan TNI tergabung dalam Satgas Penegakan Hukum (Satgas Gakkum) yang sedang melaksanakan pengamanan dalam rangka proses pergeseran pasukan TNI yang akan melaksanakan pengamanan dan pembangunan infrastruktur Trans Papua Wamena-Mumugu di Kabupaten Nduga, mendapat serangan dari pihak KKSB pimpinan Egianus Kogoya di Distrik Mugi Kabupaten Nduga, Kamis pagi (7/3/2019) sekitar pukul 08.00 WIT.

Satgas Gakkum TNI berkekuatan 25 orang itu baru tiba di Distrik Mugi dalam rangka mengamankan jalur pergeseran pasukan.

Tiba-tiba mendapat serangan dari sekitar 50-70 orang KKSB bersenjata campuran. Baik senjata standar militer maupun senjata tradisional seperti panah dan tombak.

Pasukan berusaha melakukan perlawanan sehingga berhasil menguasai keadaan, dan memukul mundur kelompok KKSB sampai menghilang ke dalam hutan.

Serangan ini menyebabkan tiga prajurit TNI gugur sebagai kusuma Bangsa. Yaitu Serda Mirwariyadin, Serda Yusdin, dan Serda Siswanto Bayu Aji.

Sementara dari pihak KKSB, prajurit TNI berhasil merampas lima pucuk senjata (jenis masih dalam penyelidikan), satu mayat (identitas dalam penyelidikan).

Diperkirakan setidaknya 7-10 orang anggota KKSB juga tewas namun mayatnya berhasil dibawa kabur teman-temannya.

Pukul 15.00, dua unit helikopter Bell-412 tiba dari Timika untuk melaksanakan evakuasi prajurit yang gugur.

Sebelum mendarat, heli mendapat serangan dari KKSB. Namun pasukan TNI berhasil memukul mundur baik dari udara maupun dari darat.

Sehingga heli Bell-412 berhasil mendarat dan proses evakuasi prajurit gugur dapat dilaksanakan dalam keadaan aman.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply