Untuk Pertama Kalinya, Pembom B-1B Lancer Ikut Latihan Pertahanan Udara Gabungan JADEX

0


Pesawat pembom jarak jauh B-1B Lancer Angkatan Udara Amerika Serikat (AU AS), berpartisipasi untuk pertama kalinya dalam Latihan Pertahanan Udara Bersama (Joint Air Defense Exercise, JADEX) beberapa waktu lalu.

Pernyataan dari AU AS mengklaim, B-1B Lancer, F-15E Strike Eagle dan pesawat koalisi telah terlibat selama Air Defense Exercise 19-01.

Latihan tiga hari ini difokuskan pada peningkatan kesiapan aset pertahanan udara di wilayah tanggung jawab Komando Sentral AS (CENTCOM).

“Ini pertama kalinya B-1 diintegrasikan ke dalam JADEX,” ujar Mayor Ricardo Lara, kepala latihan Allied Forces Central Europe (AFCENT).

“Latihan memberi kami kesempatan untuk mempraktikkan operasi gabungan udara dengan beberapa pesawat dan mitra yang didedikasikan untuk pertahanan regional guna mengembangkan taktik, teknik, dan prosedur kontrol,” bebernya.

Selama latihan, pembom B-1B berperan sebagai pesawat musuh Tu-160 Rusia atau H-6 China.

JADEX juga menyertakan kapal Angkatan Laut dan aset pertahanan Angkatan Darat yang berpartisipasi dalam pelatihan pertahanan gabungan.

“Kami benar-benar menguji perang taktis,” kata Lara.

“Kami ingin mengetahui apa yang dilihat prajurit, pelaut, atau penerbang, melihat scope mereka, targeting pod atau radar dan bagaimana mereka berkomunikasi dan beroperasi sebagai tim koal.”

Sementara skenario disimulasikan, tim berlatih mengatasi rudal, pesawat terbang, dan ancaman AUV kecil.

Koalisi beroperasi bersama untuk mempraktikkan pertahanan terhadap berbagai ancaman yang disimulasikan. Dengan peserta terpisah secara geografis dari berbagai matra dan negara, komunikasi dan interoperabilitas merupakan aspek latihan yang penting.

“JADEX adalah kesempatan kami untuk mempraktikkan pertahanan regional dengan mitra-mitra teluk kami,” kata Letjen Joseph Guastella, komandan Combined Air Forces.

JADEX adalah salah satu dari lebih 75 latihan di CENTCOM AOR yang memperkuat hubungan militer ke militer dan memberikan stabilitas regional dengan negara-negara sekutu AS.

B-1 Lancer adalah pesawat pembom supersonik yang dioperasikan AU AS bersama dua pesawat lainnya yaitu B-2 Spirit dan B-52 Stratofortress.


Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.