Beli 4 Unit, Ini Kapal Selam Terbaru Singapura Type 218SG Invincible-class

0

Kementerian Pertahanan Singapura (MINDEF) mengungkap rincian kapal selam Type 218SG yang dilengkapi air-independent propulsion (AIP).

Kapal selam ini telah dikustom sesuai permintaan Singapura untuk beroperasi di perairan dangkal dan padat.

Rincian itu diungkap Singapura saat upacara peluncuran kapal selam pertama di kelasnya yang akan dikenal sebagai RSS Invincible pada 18 Februari 2019.

Invincible class adalah satu dari empat kapal selam Type 218SG yang diperoleh Singapura berdasarkan dua kontrak terpisah yang ditandatangani antara ThyssenKrupp Marine Systems (TKMS) dan pemerintah Singapura pada 2013 dan 2017.

Menurut informasi yang dikeluarkan MINDEF, kapal selam ini memiliki kecepatan maksimum lebih dari 15 knot saat di dalam laut dan 10 knot saat menyelam.

Kapal selam ini memiliki bobot 2.200 ton saat menyelam dan 2.000 ton di permukaan. Setiap kapal dipersenjatai delapan tabung peluncur torpedo.

Meskipun tidak diungkap detail, tabung-tabung ini kemungkinan akan menggunakan torpedo 533 mm dan amunisi lainnya seperti di kapal selam Type 212A Angkatan Laut Jerman, yang dijadikan referensi Type 218SG.

Invincible class juga dilengkapi kemudi model X yang memberikan kemampuan manuver lebih baik di perairan pesisir terbatas.

Kapal selam ini memiliki panjang 70 meter dan diameter 6,3 meter. 

Dibanding kapal selam kelas Archer dan Challenger, kapal ini mampu menyelam 50% lebih lama. Juga mampu membawa muatan misi lebih banyak.

Bicara daya tahan operasi, kapal selam kelas Archer dan Challenger masing-masing selama 14 dan 21 hari. Sementara RSS Invincible sekitar 28-42 hari tanpa snorkeling.

Nantinya kapal selam Invincible class, bersama kelas Archer yang sudah diterima, akan menggantikan kapal selam Challenger class.

Kesepakatan awal untuk dua kapal selam bernilai 1,6 miliar Euro, termasuk logistik dan pelatihan awak.

Pada 16 Mei 2017, Menhan Singapura Ng Eng Hen mengumumkan pesanan tambahan dua kapal selam Type 218SG sehingga total empat kapal.

Dua kapal selam pertama akan dikirimkan pada 2021 dan 2022, sedangkan dua sisanya pada 2024.

Kapal selam Type 218SG pertama, RSS Invincible, secara resmi diluncurkan dalam sebuah upacara di Kiel pada 18 Februari 2019.

Lengkapnya nama keempat selam Type 218SG pesanan Singapura adalah RSS Invincible, RSS Impeccable, RSS Illustrious, dan RSS Inimitable.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.