Kapal Selam Terbaru Iran Kelas Fateh, Mampu Tembakkan Rudal Jelajah

0

Angkatan Laut Republik Islam Iran secara resmi mengoperasikan kapal selam kelas Fateh (Penakluk) yang dikembangkan secara mandiri. Peresmian kapal selam diesel-listrik ini berlangsung pada 17 Februari 2019.

Upacara peresmian diadakan di pangkalan angkatan laut Bandar Abbas dan dihadiri Presiden Hassan Rouhani. Kapal selam ini disebut memiliki kemampuan menembakkan rudal jelajah.

Menteri Pertahanan Amir Hatami mengatakan, kapal selam kelas Fateh ini berbobot 600 ton dan mampu meluncurkan torpedo serta rudal antikapal.

Media Iran juga melaporkan bahwa kapal selam ini bisa menyelam hingga 200 meter dan memiliki daya tahan operasi selama lima minggu.

Foto dan rekaman televisi yang dirilis dari acara peresmian menunjukkan, kapal keluar dari air di galangan kapal Bostanu di sebelah barat Bandar Abbas.

Kapal selam kelas Fateh memiliki empat tabung torpedo 533 mm di haluannya, tetapi sistem propulsinya ditutupi.

Kapal ini memiliki panjang 48 meter dan mampu beroperasi sejauh 6.700 km.

Dari sejumlah foto yang dirilis juga menunjukkan sensor kapal yang dapat ditarik, termasuk tiang elektro-optik dan apa yang tampak sebagai periskop optik.

Lain-lainnya termasuk radar dan sensor intelijen elektronik untuk keperluan akuisisi target. Keberadaan program kapal selam kelas Fateh diumumkan September 2011, meskipun ini mungkin saja nama baru untuk proyek Qaem yang diumumkan pada 2008.

Citra satelit komersial galangan kapal Bostanu pada Oktober 2013 mengkonfirmasi bahwa kapal selam baru dengan panjang lebih dari 40 meter telah diluncurkan.

Kapal selam kelas Fateh yang memiliki berat 600 ton ini, menjadi kapal utama dari kelas baru kapal selam semi-berat Iran.

Kapal selam Fateh  akan mengisi kesenjangan kemampuan antara kelas Ghadir (120 ton) dan kelas berat kelas Kilo (2.300 ton).

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.