Ups, Korea Selatan Mulai Buat Prototipe Pesawat Tempur KFX, Indonesia Bagaimana?

0

Korea Aerospace Industries atau KAI mulai memproduksi prototipe pertama pesawat tempur masa depan Korean Fighter Xperiment (KFX) buatannya sendiri.

Pada 14 Februari 2019, industri kedirgantaraan terbesar Korea itu menggelar upacara sederhana menandai dimulainya pembuatan bulkhead pertama.

Bulkhead adalah bagian utama dari forward fuselage pesawat tempur masa depan KFX.

“Bulkhead (sekat) adalah struktur yang dirancang untuk mencegah pesawat dari cacat karena tekanan yang dihasilkan dalam penerbangan berkecepatan tinggi,” ungkap KAI seperti dikutip defence-blog.

Perwakilan KAI mengatakan bahwa prototipe pertama KF-X yang disebut pesawat tempur generasi 4,5, akan selesai pada April 2021.

Korean Fighter Xperiment (KFX). Foto: KAI

Saat ini KAI telah menyelesaikan 15 persen dari total gambar desain untuk KF-X dan akan menyelesaikan lebih dari 80 persen setelah September saat peninjauan desain rinci selesai.

KF-X melewati peninjauan persyaratan sistem dan fungsi sistem pada 2016. Pengembangan sistem untuk pesawat dimulai Desember 2015.

Program KF-X bertujuan untuk memproduksi sekitar 120 jet tempur canggih guna menggantikan pesawat tempur F-4 dan F-5 yang dioperasikan Angkatan Udara Korea.

Proyek KF-X diharapkan memainkan peran penting dalam meningkatkan industri penerbangan Korea dalam hal akumulasi teknologi dan penciptaan lapangan kerja baru.

Proyek KF-X melibatkan total 112 lembaga. Yaitu 16 universitas, 11 lembaga penelitian, dan 85 perusahaan.

Jika pengembangan prototipe berjalan lancar, 35 lembaga tambahan akan bergabung ke dalam proyek.

Dalam penjelasan ini sama sekali tidak disinggung keterlibatan Indonesia dalam proyek KFX, yang dikenal dengan IFX.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.