Dankormar Pimpin Sertijab Dua Jabatan Strategis Korps Marinir

0

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, memimpin serah terima dua jabatan strategis di lingkungan Korps Marinir di lapangan apel Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra Karangpilang, Surabaya, Jumat (15/2/2019).

Dua jabatan tersebut adalah Komandan Pasmar 2 dari Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi kepada Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi. Brigjen Ipung sebelumnya menjabat Danlantamal X Jayapura.

Sementara jabatan Dankolatmar diserahkan dari Kolonel Marinir Sarjito kepada Kolonel Marinir Suliono yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Brigif 2 Marinir. Sedangkan Brigjen Endi telah menjabat sebagai Wakil Gubernur  AAL dan Kolonel Marinir Sarjito sebagai Komandan Kodikmar.

Dalam amanatnya Komandan Korps Marinir menyampaikan, bahwa pada hakikatnya jabatan adalah suatu kehormatan sekaligus amanah.

Oleh karenanya kewajiban bagi setiap pejabat untuk dapat menjaga kehormatan Korps Marinir dan keseimbangan antara otoritas serta tanggung jawabnya sebagai seorang komandan.

Dengan demikian serah terima jabatan ini diharapkan dapat membawa semangat baru dalam lingkungan organisasi Pasmar 2 dan Kolatmar.

Pasmar 2 adalah salah satu komando pelaksana utama Korps Marinir yang memiliki kedudukan dalam membina kekuatan, kesiapan operasional satuan Marinir sebagai pasukan pendarat amfibi TNI Angkatan Laut (Pasrat).

Yaitu dalam rangka proyeksi kekuatan lewat laut, operasi pertahanan pantai di pulau-pulau strategis serta operasi tempur lainnya yang memiliki wilayah utama operasi di kawasan tengah Indonesia, namun selalu siap dan mampu diproyeksikan keseluruh wilayah Indonesia. 

Demikian Kolatmar sebagai komando pelaksana Korps Marinir memiliki tugas, fungsi dan peran yang sangat strategis dalam menyiapkan dan meningkatkan profesionalisme, militansi prajurit Marinir sampai siap operasi.

Teks: Pen Kormar/ beny adrian 

Share.

About Author

Leave A Reply