Berbuat Kesalahan, Kapten Kotnik Dipecat dari Jabatan Komandan Tim Demo F-16 Viper

0

Kapten Zoe “Sis” Kotnik, yang menjadi pilot wanita pertama yang memimpin tim demonstrasi F-16 Viper Angkatan Udara Amerika Serikat (AU AS), telah dibebaskan dari tugasnya.

AU AS mengatakan telah memindahkan Kapten Zoe Kotnik pada Selasa (12/2/2019), yang oleh Kolonel Derek O’Malley disebutkan karena “kehilangan kepercayaan pada kemampuannya untuk memimpin dan memerintah”.

Kolonel Derek “Maestro” O’Malley adalah komandan Wing Tempur ke-20 yang berpangkalan di Shaw Air Force Base di South Carolina. 

Pejabat AU AS belum menjelaskan rincian tentang apa yang mendorong keputusan itu. Tetapi Kolonel O’Malley mengatakan Kotnik telah membuat “kesalahan”.

Pendahulu Kapten Kotnik, Mayor John Waters, ditunjuk sebagai gantinya.

Kapten Alannah Staver, kepala urusan publik di Shaw Air Force Base mengkonfirmasi bahwa Kapten Kotnik dibebaskan dari jabatan komando pada 11 Februari 2019. Namun ia tidak bisa memberikan rincian lebih lanjut.

Viper adalah salah satu dari empat tim pertunjukan udara di bawah US Air Combat Command (ACC).

Tim demonstrasi ini bertugas membantu upaya perekrutan dengan menampilkan kemampuan pesawat dan kehebatan pilot di sebuah perhelatan.

Berita pemberhentian Kapten Kotnik pertama kali dilaporkan oleh Air Force Times.

Dalam sebuah pernyataan di akun Facebooknya, Kolonel O’Malley mengatakan, “Kami memiliki ribuan penerbang di Angkatan Udara yang siap melayani negara, tidak satu pun dari mereka yang sempurna. Sebagai orang baik, seperti Kapten Kotnik yang membuat kesalahan, saya ingin mereka memiliki kesempatan untuk belajar tanpa berada di bawah pengawasan publik, dan untuk terus menjadi bagian dari tugas yang hebat ini.”

Kapten Zoe Kotnik di kokpit F-16. Foto: usaf

“Ini akan menjadi waktu yang sulit bagi Kapten Kotnik, tetapi dia dikelilingi para wingmen yang akan membantunya dalam setiap langkah,” ungkap O’Malley.

Kolonel O’Malley mengatakan sangat menarik memiliki pilot tim demo wanita pertama di Shaw. Namun sepertinya kolonel ini tertarik melihat pilot wanita lain yang saat ini bertugas di AU AS.

Kapten Kotnik belum mengomentari pemecatannya dan tampaknya telah menonaktifkan akun media sosialnya.

Padahal demo udara pertama Kapten Kotnik sebagai komandan dijadwalkan pada 30 Maret 2019.

Dia masih akan bertugas dalam peran nonsupervisi dengan Wing Tempur ke-20 di pangkalan Shaw di South Carolina.

Siapakah Kapten Kotnik?

Penunjukan Kapten Zoe “Sis” Kotnik sebagai komandan tim demo ACC F-16 Viper pada 29 Januari 2019, disambut meriah.

Keberadaan Kotnik akan dimanfaatkan AU AS seiring akan diluncurkannya film superhero Captain Marvel. Kotnik akan menjadi ikon dalam promosi penerimaan prajurit AU AS.

Pengangkatan Capt Kotnik untuk memimpin tim beranggotakan 17 orang itu bahkan diungkapkan dalam sebuah posting bergaya komik.

“Saya berharap menjadi sumber inspirasi dan motivasi,” ujar Kotnik yang baru dua minggu menjabat.

Capt Kotnik lahir di Poynette, Wisconsin dari keluarga penerbang. Dia belajar ekonomi di USAF Academy dan mendapatkan wing penerbang pada Oktober 2013, saat ia mulai menerbangkan F-16C Fighting Falcon.

Kapten Kotnik menghabiskan satu tahun penugasan di Pangkalan Udara Kunsan, Korea Selatan.

Setelah itu ditarik kembali ke AS untuk melatih pilot pesawat tempur dan mendukung operasi pertahanan udara antiterorisme dengan Operasi Noble Eagle.

Kapten Kotnik yang berstatus combat-ready fighter pilot ini mengantongi lebih dari 1.000 jam terbang.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply