Suara F-35 Terlalu Bising, Luke AFB Diprotes Warga Sekitar

0

Dengan bertambah banyaknya jumlah pesawat tempur F-35 Lightning II JSF yang beroperasi Luke Air Force Base, telah menimbulkan persoalan sosial baru bagi warga sekitar.

Dilaporkan airforcetimes.com seperti dikutip dari associated press, suara bising mesin jet itu semakin menjadi-jadi di sekitar pangkalan militer yang melatih penerbang tempur di sisi barat metro Phoenix itu.

F-35 memang memiliki suara lebih keras dari F-16 yang juga pernah berpangkalan di Luke.

Luke Air Force Base sekarang menjadi pangkalan utama Angkatan Udara Amerika Serikat (AU AS) dengan mengoperasikan 85 unit F-35. Pada saatnya nanti akan menjadi 144 pesawat.

Pada Januari 2019, Luke Air Force Base mencapai tonggak penting dengan tercapainya 1.000 jam penerbangan F-35 dari pangkalan itu dalam satu bulan.

Januari lalu juga tercatat peningkatan dramatis dalam hal keluhan warga menyangkut kebisingan di sekitar pangkalan di Glendale.

Juru bicara Luke, Becky Heyse, tidak memberikan jumlah spesifik pengaduan pada Januari lalu namun mengatakan jumlah keluhan pada Februari jauh lebih normal.

Menurutnya, pada akhir 2018, ada sekitar 80 keluhan dari warga.

Heyse mengatakan bahwa pejabat Luke meminta warga untuk mendukung mereka. “Program ini telah berhasil seperti sebelumnya, karena kami memiliki dukungan komunitas ini,” katanya.

Namun Heyse mengatakan bahwa pejabat pangkalan berasumsi penyebab tingginya keluhan selama periode Januari. Menurut mereka, keluhan muncul karena cuaca lebih dingin sehingga suara pesawat terdengar lebih keras.

Selama Januari, salah satu dari dua landasan ditutup karena pembangunan, yang mungkin telah mengubah apa yang didengar warga.

Tidak banyak penerbangan yang terjadi pada Desember 2018, jadi begitu memasuki Januari, warga mungkin lebih cenderung memperhatikan ketika penerbangan menjadi meningkat.

Luke adalah salah satu dari dua pangkalan Angkatan Udara Amerika Serikat yang digunakan untuk melatih penerbang F-35.

Pangkalan lainnya adalah Eglin Air Force Base di Florida. Pangkalan AU AS lainnya tempat F-35 diterbangkan adalah Nellis di Nevada dan Hill di Utah.

Fungsi Luke Air Force Base dalam melatih penerbang F-35 memang meningkat saat program F-16 dihapus.

Selain melatih penerbang AU AS, di Luke juga berlatih penerbang dari negara lain yang membeli F-35. Yaitu Australia, Norwegia, Italia, Turki, dan Belanda.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.