Menhan Ryamizard ke Rusia, Indonesia Diundang Hadiri Parade Angkatan Laut

0

Menhan Rusia mengundang Pemerintah Indonesia untuk menghadiri sejumlah kegiatan militer yang akan dilaksanakan di Rusia dalam waktu dekat.

Antara lain Konferensi Keamanan Internasional, Army Forum, Army Games, dan Parade Angkatan Laut.

Undangan itu disampaikan Menteri Pertahanan Rusia Jenderal Sergei Shoigu saat menerima Menteri Pertahanan Indonesia Rymizard Ryacudu di Rusia, Rabu (6/2/2019).

Kepada Menhan Rusia, Ryamizard menegaskan bahwa musuh utama Indonesia saat ini adalah terorisme dan bencana alam. Namun saat ini yang utama adalah teroris.

Sebagai musuh bersama dunia saat ini, berbagai bentuk kebijakan penanggulangan terorisme telah diupayakan oleh pemerintah Indonesia melalui Kemhan.

Untuk itulah sebagai landasan peningkatan kemitraan strategi kedua negara, Ryamizard mengupayakan peningkatan kerjasama dengan Rusia di berbagai bidang.

Baik yang telah berlangsung maupun yang selanjutnya akan dilaksanakan.

Peningkatan kerjasama seperti pertukaran informasi, latihan bersama, saling kunjung antar pejabat serta peningkatan dialog keamanan tahunan antar kedua negara.

Menhan Rymizard Ryacudu mengunjungi Rusia sebagai upaya penguatan hubungan diplomatik antara Republik Indonesia dan Federasi Rusia.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Kemhan Rusia itu, kedua Menhan memandang positif kerjasama pertahanan bilateral yang sudah terjalin selama ini.

Menurut Ryamizard, Rusia selama ini menjadi negara mitra diplomatik Indonesia dalam berbagai bidang.

Baik dalam pengadaan alutsista maupun peningkatan kapasitas dan kapabilitas personel militer Indonesia.

Selain itu Rusia mendukung upaya Indonesia dalam berperan serta menjaga perdamaian dan ketertiban dunia.

Selaras dengan konsep diplomasi pertahanan yang diusung Indonesia, Menhan Ryamizard yakin bahwa Indonesia-Rusia memiliki pengaruh dan kapabilitas yang besar dalam mengambil peran guna menjaga stabilitas keamanan kawasan, yang selanjutnya berdampak pada perdamaian dan ketertiban dunia.

Hal mendasar lainnya dari komponen diplomasi pertahanan Indonesia, bahwa selama ini Indonesia tetap mengedepankan konsep strategi pertahanan tanpa memiliki musuh dari negara manapun. 

Kunjungan bilateral ini menunjukan komitmen Indonesia dengan membangun persahabatan dan keterhubungan dengan semua negara termasuk Rusia.

Rusia merupakan salah satu dari empat negara poros diplomasi pertahanan Indonesia selain Amerika, China, dan ASEAN.

Teks: Humas Kemhan/ Beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply