Helikopter Mi-8 Ethiopia Jatuh di Sudan, 3 Staf PBB Tewas

0

Helikopter militer Mil Mi-8 milik Ethiopia dengan registrasi UNO 379P yang membawa 23 penumpang, jatuh sekitar pukul 13.10 waktu setempat di dalam kompleks United Nations Interim Security Force for Abyei (UNISFA) di Sudan (9/2/209).

Kecelakaan ini menewaskan tiga penumpang di dalam helikopter yang bekerja untuk PBB.

Helikopter Mi-8 jatuh saat melaksanakan misi rutin membawa pasukan Ethiopia secara bergiliran dari Kadugli ke Abyei di Sudan.

Sepuluh penumpang dilaporkan terluka dan tiga dalam kondisi kritis. Tiga yang berada dalam kondisi kritis telah dikirim ke Kadugli dan kemudian ke Addis Abeba.

Sementara mereka yang tidak dalam kondisi kritis distabilkan di rumah sakit UNISFA Level II di Abyei.

Penyebab langsung kecelakaan helikopter ini belum diketahui.

Kepala Pelaksana Misi dan Komandan Pasukan UNISFA Mayjen Gebre Adhana Woldezgu mengatakan, sedang menyelidiki insiden itu.

“Kami sangat sedih dengan apa yang terjadi sore ini. Kami menyampaikan belasungkawa kami kepada keluarga mereka yang meninggal dalam kecelakaan itu, ”kata Woldezgu.

Jenderal Gebre Adhana Woldezgu memuji personel UNISFA yang segera membantu korban dan mengevakuasi penumpang dari helikopter.

Helikopter terbang dari Kadugli untuk rotasi pasukan reguler misi. Satu-satunya negara yang menyumbang pasukan Ethiopia, UNISFA, saat ini sedang merotasi tentaranya dari Kadugli ke berbagai lokasi di daerah Abyei.

Ethiopia memiliki sekitar 4.500 personel di lapangan untuk mendukung upaya UNISFA guna memastikan perdamaian dan keamanan di Abyei.

Kedua negara, Sudan dan Sudan Selatan sama-sama memberikan klaim bahwa mereka pemilik wilayah Abyei yang kaya minyak.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.