KSAU Akan Tingkatkan Kemampuan Intersep dan Serang Malam Penerbang Tempur

0

Ada satu penjelasan KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna yang menarik saat membeberkan hasil Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AU 2019 di Mabes TNI AU Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (1/2/2019).

“Saya ingin meningkatkan kemampuan operasi di malam hari, kalau bisa intersepsi malam, penyerangan, weapon delivery di malam hari, ini akan dilatihkan tahun ini,” katanya.

Baca: Rapim TNI AU 2019, KSAU Beberkan Pengadaan Alutsista: Su-35, T-50, Radar, Pesawat Amfibi

Baca: Antisipasi Bencana, KSAU Perintahkan Kesiapan 12 Hercules Setiap Saat

Program yang dibeberkan KSAU ini adalah di bidang operasi.

Dengan penjelasan ini terlihat jelas bahwa TNI AU menginginkan adanya peningkatan kemampuan awak penerbang dalam beroperasi di malam hari.

Kemampuan yang selama ini hanya dipelihara dalam bentuk latihan terbang malam pada periode tertentu.

Terbang malam memiliki kesulitan tersendiri karena penerbang akan sepenuhnya mengandalkan instrumen di kokpit.

Selain itu, pada saat terbang malam, mata penerbang juga akan bekerja lebih ekstra mengingat manusia pada dasarnya bukanlah mahkluk malam (nocturnal creature).

Karena itu, latihan terbang malam adalah upaya agar para penerbang familiar dengan procedure approach dan kondisi aerodrome setempat.

Seperti baru lalu, 22 Januari 2019, dilaksanakan latihan terbang malam oleh Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur.

Dimulai dari sore hingga menjelang tengah malam, total latihan terbang malam melaksanakan 16 sorti tinggal landas. Delapan sorti pesawat F-16 Fighting Falcon dan delapan sorti pesawat T-50i Golden Eagle.

Menurut sumber mylesat.com di Skadron 16, Pekanbaru, latihan terbang malam rutin dilaksanakan di skadron. “Tidak tentu, tapi bisa satu bulan sekali,” ujarnya.

Dari latihan ini, harap KSAU, di akhir 2019 yaitu di akhir Renstra 3, kemampuan TNI AU sudah utuh dalam semua bentuk operasi baik di siang hari maupun malam hari.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.