Akhir Tahun Ini, Belarusia Akan Terima 4 Pesawat Su-30SM dari Rusia, Total 12 Pesanan

0

Belarusia akan menerima empat pertama dari 12 pesawat tempur Sukhoi Su-30SM Flanker-H dari Rusia. Pengiriman pesawat diperkirakan akan dilakukan pada akhir tahun ini.

Rabu (30/1/2019), Menhan Rusia Sergei Shoigu yang tengah berada di Irkutsk Aviation Plant mengatakan, Belarusia tengah bersiap menerima batch pertama Su-30SM tahun 2019.

Baca: Bom GBU-12 Pun Dipasang Malaysia di Sukhoi Su-30

Baca: Sukhoi Su-57 Akan Jadi Jet Tempur Siluman Pertama Rusia

Belarusia diperkirakan akan menerima 12 Su-30SM dengan dua tempat duduk yang dilengkapi phased-array radar, sirip tegak frontal dan pendorong yang dapat dikendalikan untuk kemampuan manuver tinggi dan tampilan display kokpit yang sudah HUD sudut lebar.

Pada tahun 2018, Menhan Belarusia Andrei Ravkov mengatakan, bahwa Rusia, karena sanksi internasional pada peralatan dan papan elektronik untuk pesawat, masih belum dapat mengirim pesawat tempur Su-30SM pesanan Belarusia.

Su-30SM adalah pesawat tempur supermaneuverable dua kursi yang dikembangkan Sukhoi Aviation Corporation dan diproduksi oleh Irkut Corporation.

Pesawat ini mampu menembakkan persenjataan udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan dengan presisi tinggi.

Selain itu, karena berkonfigurasi dua tempat duduk, pesawat ini bisa digunakan untuk melatih penerbang tempur menggunakan pesawat dengan kemampuan manuver tinggi.

Pesawat tempur multirole Su-30SM adalah pengembangan lebih lanjut dari keluarga Su-30MK.

Baca: Jarang Terjadi, Kali Ini Sukhoi Rusia Intersep Bomber B-52 Amerika

Baca: Tunjukkan Superioritasnya, China Donasikan Ranpur CS/VN3 untuk Belarusia

Pesawat tempur ini dirancang sesuai keinginan Angkatan Udara Rusia dalam hal sistem radar, radio dan sistem pengenalan, struktur senjata, kursi lontar, dan sejumlah sistem pendukung.

Rusia sendiri berharap bisa memesan 36 versi upgrade dari Sukhoi Su-30SM yang menggunakan mesin Saturnus AL-41F-1.

Mesin baru ini tidak hanya akan mampu membuat Flanker-H memilik kekuatan tambahan 4.200 lbs per mesin, juga akan meningkatkan kemampuan pembangkit tenaga listrik Su-30SM, membuka potensi peningkatan avionik di masa depan seperti radar baru.

Pengiriman Su-30SM ke AU Federasi Rusia berlangsung sejak 2012. Begitu juga ke Angkatan Laut Rusia sejak 2014 dan kepada Kementerian Pertahanan Republik Kazakhstan sejak 2015.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply