Finlandia Intersep Su-27 Rusia, Sebaliknya Rusia Cegat Gulfstream Swedia

0

Angkatan Udara Finlandia menerbangkan pesawat tempur F/A-18 Hornet untuk mengintersep dua Sukhoi Su-27 Flanker Rusia yang mengarah ke wilayah udara Finlandia.

Menurut keterangan, Hornet Finlandia segera terbang (scrambled) mengejar dua Su-27 di ruang udara internasional di atas Teluk Finlandia pada Kamis, 24 Januari 2019 sekitar pukul 11.300 pagi.

F/A-18 Hornet langsung mengidentifikasi dan memotret kedua Flanker, yang meski terbang di international airspace namun sangat dekat dengan ruang udara Finlandia. Secara hukum memang tidak ada pelanggaran.

Rusia sebaliknya melaporkan, bahwa peralatan pengawas wilayah udaranya melihat pesawat intai Gulfstream milik Swedia di atas Laut Baltik, yang dekat dengan perbatasan Rusia. Dua Su-27 Rusia juga berhasil mencegatnya.

“Pilot pesawat tempur Rusia mendekat pada jarak aman dari pesawat dan mengidentifikasinya sebagai pesawat intai Gulfstream Angkatan Udara Swedia, yang terbang tanpa menghidupkan transponder,” jelas departemen informasi dan komunikasi massa Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia menyertakan rekaman video yang menunjukkan Su-27 mencegat pesawat Swedia di atas Laut Baltik.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.