Pentagon Pastikan 2 Prajuritnya dan 1 Mantan SEAL Gugur di Suriah

0

Departemen Pertahanan Amerika Serikat telah mengidentifikasi tiga warga Amerika yang tewas awal minggu ini karena serangan bom bunuh diri di Manbji di wilayah utara Suriah (16/1/2019).

Dari ketiga korban ini, dua orang diidentifikasi anggota militer dan satu warga sipil yang bekerja di Defense Intelligence Agency (DIA).

Warga AS lainnya yang bekerja sebagai kontraktor, belum diidentifikasi secara resmi.

Ketiganya adalah Army Chief Warrant Officer 2 Jonathan Farmer, Navy Chief Cryptologic Technician Shannon Kent, dan warga sipil Scott Wirtz.

Kelompok Negara Islam menyatakan bertanggung jawab atas kejadian ini.

Wirtz (42) yang berasal dari St. Louis, Missouri adalah mantan anggota Navy SEAL dan bekerja di DIA sebagai spesialis pendukung operasi.

Dia telah bekerja dalam tugasnya untuk mengawasi pengumpulan data intelijen manusia sejak Februari 2017.

Wirtz mengantongi sejumlah bintang jasa. Yaitu SEAL Insignia, Navy and Marine Corps Achievement Medal, Good Conduct Medal, National Defense Service Medal, Rifle Marksmanship Ribbon and Pistol Expert Medal. Medali dari DIA yang diperolehnya termasuk Global War on Terrorism.

Jonathan Farmer (37), adalah anggota Green Beret dari Boynton Beach, Florida. Dia ditempatkan di 3rd Battalion, 5th Special Forces Group di Fort Campbell, Kentucky.

Farmer bergabung dengan AD AS pada 30 Maret 2005. Dia lulus pada 2007 dari Special Forces Qualification Course sebagai sersan teknis dan ditempatkan di 5th Group di sepanjang kariernya.

Enam kali sudah Farmer menjalani tugas operasi. Yakni dua kali dalam Operation Iraqi Freedom dari Oktober 2007 hingga Januari 2009, sekali di Operation New Dawn pada Agustus 2010, sekali Operation Enduring Freedom pada Januari 2012, dan dua kali Operation Inherent Resolve pada Januari 2018 dan Januari 2019 hingga ia gugur.

Farmer memegang medali Bronze Star Medal with two Oak Leaf Clusters, Purple Heart, Army Commendation Medal with “C” Device, Army Commendation Medal with two Oak Leaf Clusters, Army Achievement Medal, Afghanistan Campaign Ribbon, Iraqi Campaign Medal, Special Forces Tab, Parachutist Badge, dan Combat Infantryman Badge.

Shannon Kent (35) adalah berasal dari New York. Dia ditugaskan di Cryptologic Warfare Activity 66, berpangkalan di Fort Meade, Maryland. Kent mendaftar jadi tentara pada 11 Desember 2003.

Kent adalah tentara wanita pertama AS yang gugur selama perang melawan ISIS sejak 2014.

Dia lulusan Defense Language Institute di Monterey, Kalifornia.

Kent memegang medali Joint Service Commendation Medals, Navy/Marine Corps Commendation Medal, Army Commendation Medal, dan Joint Service Achievement Medal.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply