2 Su-34 Tabrakan di Laut Jepang, Rusia Masih Cari 1 Awak yang Hilang

0

Dua pesawat tempur-pembom Rusia, Su-34 Fullback yang bertabrakan Jumat (18/1/2019) di Laut Jepang, menewaskan dua awaknya. Sementara satu awak lainnya masih hilang.

Tabrakan terjadi saat kedua pesawat melakukan latihan sekitar 44 km di luar Laut Jepang.

Kedua kru yang berhasil ejected, adalah pilot dan navigator.

Sekitar pukul 11.00 waktu Moskow, helikopter SAR menemukan seorang pilot Su-34 terapung di rompi penyelamatnya. Saat itu cuaca sangat buruk.

Misi penyelamatan sangat dramatis saat menemukan seorang pilot di atas rakit penyelamat di tengah laut, dan berhasil diambil oleh awak di helikopter.

Luasnya kokpit Su-34 terlihat dari simulator ini. Foto: wikipedia

Pada saat ini Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan setelah pencarian besar-besaran yang melibatkan beberapa kapal penyelamat dan pesawat terbang. Dua awak lainnya ditemukan tewas.

Pencarian pilot keempat yang hilang terus berlanjut meskipun angin kencang.

Sebelumnya, Kemenhan Rusia mengatakan ada dua kru diselamatkan, tetapi kemudian menarik kembali laporan itu dan mengatakan bahwa hanya satu kru telah ditemukan dalam keadaan hidup.

Dikembangkan dari Su-27, pesawat Su-34 Fullback adalah pesawat serang jarak jauh AU Rusia.

Su-34 adalah salah satu pesawat Rusia yang paling dilibatkan di Suriah. Pesawat ini mampu menghancurkan target di darat dan di udara.

Dengan berat 45-ton, Su-34 mampu melesat hingga Mach 1,8 dan  dirancang untuk membawa hingga 8 ton persenjataan, memiliki radius taktis 4.000 km, dan terbang di ketinggian 18.000 meter.

Pesawat juga dilengkapi dengan tiga tangki bahan bakar tambahan, yang memungkinkannya terbang 8 jam tanpa pengisian bahan bakar.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply