Isyaratnya Makin Kuat, Singapura Inginkan Jet Tercanggih F-35

0

Singapura sedang mempertimbangkan pembelian pesawat Lockheed Martin F-35 Lightning II JSF (Joint Strike Fighter) untuk menggantikan armada F-16 Fighting Falcon.

Angkatan Udara Singapura (RSAF) diperkirakan akan membeli dalam jumlah kecil F-35 untuk evaluasi setelah Singapura memastikan bahwa inilah jet tempur paling pas menggantikan F-16. Hal itu termakna dalam penjelasan Menhan Singapura Ng Eng Hen pada 18 Januari 2019.

“Evaluasi teknis menyimpulkan bahwa RSAF pertama-tama harus membeli sejumlah kecil F-35 untuk evaluasi penuh atas kemampuan dan kesesuaian mereka sebelum memutuskannya sebagai armada penuh,” ujar Menhan.

Dalam sebuah pernyataan pada Jumat itu, Kemenhan Singapura (Mindef) mengatakan bahwa RSAF serta Badan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pertahanan (DSTA) telah menyelesaikan evaluasi teknis untuk memilih pengganti F-16, yang akan absolut setelah 2030.

Tahap selanjutnya, Mindef akan mendiskusikan detail rencana ini dengan AS sebelum memastikan keputusan untuk membeli F-35. Tidak dijelaskan berapa banyak pesawat akan dibeli termasuk variannya.

RSAF saat ini mengoperasikan sekitar 20 F-16C dan 40 F-16D Block 52/52 + yang dibeli pada 1990-an. RSAF juga mengoperasikan 40 Boeing F-15SG.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply