Ukraina Beli 6 UCAV Bayraktar TB2 dari Turki

0

Baykar Makina, sebuah perusahaan swasta pembuat drone di Turki, memenangkan kontrak penjualan enam pesawat tanpa awak (UAV) Bayraktar TB2 untuk Ukraina seperti diumumkan pejabat kedua negara pada 12 Januari 2019.

Kontrak 69 juta dolar AS itu diteken oleh Baykar Makina dan BUMN Ukraina, Ukrspetsproekt. Turki mengumumkan bahwa termasuk ke dalam kontrak adalah penjualan amunisi untuk versi bersenjata Bayraktar TB2.

Sebanyak enam unit versi bersenjata (UCAV) ini juga dibeli Qatar melalui kesepakatan pada 2017.

Militer Turki sendiri mengoperasikan 75 TB2, sebagian besar digunakan dalam misi menghadapi pemberontak Kurdi di Turki dan di sepanjang perbatasan dengan Irak dan Suriah.

Bayraktar TB2 adalah UAV yang beroperasi di ketinggian medium sekitar 22.500 kaki dan mampu terbang jarak jauh. Muatan yang sanggup dibawanya mencapai 55 kg, dengan kemampuan loiter selama 24 jam.

UCAV ini dikembangkan oleh Kale-Baykar, yang merupakan usaha patungan Baykar Makina dan Kale Group. Baru lalu, Baykar Makina meluncurkan versi maritim TB2.

Pada 2011, Kale-Baykar juga memenangkan kontrak dari pemerintah Turki.

Bayraktar TB2 merampungkan terbang perdana pada April 2014. Uji terbang penerimaan pertama dilakukan November 2014, dan enam UAV dikirim AD Turki pada tahun yang sama.

Batch kedua enam TB2 diserahkan ke AD Turki setahun kemudian.

Bayraktar TB2 menerapkan desain monokok dan mengintegrasikan struktur V-tail terbalik. Badan pesawat terbuat dari serat karbon, Kevlar, dan komposit hibrida.

Sedangkan segmen sambungannya merupakan bagian aluminium mesin yang dikomputerisasi numerical control (CNC) secara presisi.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.