Kecewa dan Umumkan Lewat Twitter, Trump Percepat Pensiun Mattis Jadi 1 Januari 2019

0

Setelah sadar permintaan pensiun dini Menteri Pertahanan Amerika Serikat Jenderal (Pur) James Mattis mengecam kebijakannya, Presiden AS Donald Trump pun mempercepat “perginya” Mattis dari Pentagon.

Melalui akun twitter-nya, untuk sementara waktu Trump menunjuk Wakil Menhan Patrick Shanahan guna mengisi jabatan Menhan AS.

Presiden Trump pada Minggu (23/12/2018), memutuskan mempercepat pensiun Jim Mattis dua bulan dari jadwal semula. Isu penarikan pasukan AS dari Suriah, membentuk opini negatif baik di dalam maupun di luar negeri.

Dalam akun twitter-nya Trump mengungkapkan bahwa Mattis, yang semula dijadwalkan akan meninggalkan tugasnya akhir Februari 2019, sekarang dipercepat pada 1 Januari.

Dilaporkan bahwa Trump mempercepat tanggal pensiunnya setelah menyadari surat pengunduran diri Mattis mengecam kebijakannya.

“Ketika Presiden Obama memecat Jim Mattis, saya memberinya kesempatan kedua. Beberapa orang berpikir saya seharusnya tidak, saya pikir saya harus (memberinya jabatan),” kata Trump.

Menanggapi surat pengunduran diri mantan jenderal itu, di mana ia menyarankan AS harus berpegang teguh pada sekutu global dan komitmen internasionalnya, Trump mengatakan bahwa ‘sekutu sangat penting, tetapi tidak ketika mereka mengambil keuntungan dari AS’.

Shanahan, mantan eksekutif Boeing, menjadi Wakil Menhan pada 2017. Shanahan bertanggung jawab mengelola anggaran pertahanan yang mencapai 700 miliar dolar AS.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.