Maret Tahun Depan, AD India Gelar Latihan Perang dengan Beberapa Negara Afrika

0

Angkatan Darat India berusaha memperdalam hubungan pertahanannya dengan sejumlah angkatan darat dari beberapa negara di Afrika. Mudah saja caranya, India pun menawarkan latihan militer bersama dengan mitra Afrika-nya di awal 2019.

Seperti dikutip janes.com, disebutkan Ghana, Kenya, Afrika Selatan, dan Tanzania termasuk ke dalam daftar negara Afrika yang diperkirakan akan berpartisipasi dalam latihan 10 hari itu.

Latihan dengan nama India-Africa Field Training Exercise (IAFTX) ini akan dilaksanakan oleh AD India dari 18-27 Maret 2019 di Pune, India barat.

Untuk mempertajam rencana latihan ini, KSAD India Jenderal Bipin Rawat akan mengunjungi Tanzania dan Kenya pada antara 17 dan 20 Desember 2018.

Latihan ini akan menjadi bagian dari hubungan pertahanan India yang sedang berkembang dengan Afrika. India telah membuka pembicaraan dengan Zambia, Mesir, Botswana, Mozambik, Maroko, Tanzania, Kenya, Uganda, Nigeria, dan Rwanda.

“Meskipun angkatan bersenjata India melatih beberapa personel militer dari beberapa negara Afrika, IAFTX akan menjadi yang pertama kalinya dilakukan dengan beberapa tentara Afrika. Konferensi perencanaan awal IAFTX diadakan beberapa hari lalu, dengan yang terakhir dijadwalkan akhir Januari,” menurut sumber kementerian pertahanan India seperti dikutip Times of India.

Militer India sebelumnya telah mengadakan latihan dengan Afrika Selatan, namun hanya di antara angkatan laut.

“India belum melakukan latihan bilateral atau multilateral dengan negara-negara Afrika lainnya seperti IAFTX, meskipun hubungan jangka panjang terus ditingkatkan,” jelas sumber Kemhan India.

Rencana latihan dengan negara Afrika ini disampaikan AD India hanya beberapa hari setelah India melaksanakan latihan dengan China.

Selama 2018, India telah berpartisipasi dalam sejumlah latihan dengan Australia, Jepang, Vietnam, Malaysia, Singapura selain dengan AS, Rusia, Inggris, dan Perancis.

Baru lalu India terlibat latihan militer dengan China yang dibuka pada 11 Desember. Latihan yang berlangsung di Chengdu, China ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam menanggulangi terorisme dan meningkatkan saling pengertian.

Latihan berlangsung sampai 23 Desember. Latihan dilakukan setahun setelah hubungan kedua membeku selama 73 hari karena krisis di dataran tinggi Doklam di perbatasan India-China di Nathu La, Sikkim.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.