US Army Uji Versi Terakhir M1 Abrams yang Lebih Berat dan Bermesin Kuat

0

Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army) melanjutkan pengujian versi terakhir main battle tank (MBT) M1A2 Abrams di Yuma Proving Ground. Abrams adalah MBT yang menjadi ikon AS.

Menurut AD AS, tank ini adalah M1A2 Systems Engineering Plan (SEP) version 3 (v3). Saat ini M1A2 sedang melalui pengujian melintasi jalur kasar sejauh 200 mil di Yuma Proving Ground (YPG) . Semua pengujian dilakukan untuk memastikannya berfungsi sebagaimana mestinya.

Kecuali eksteriornya, SEPv3 hari ini hampir tidak dapat dikenali oleh awak tank yang bertugas pada model terdahulu. Pengujian di YPG telah menyentuh hampir setiap aspek dari monster darat ini.

“Kami telah membuktikannya melalui pengujian selama dua setengah tahun terakhir, terbukti menjadi varian paling menakjubkan dari platform ini,” kata Greg Duda, kepala uji Abrams.

Daftar peningkatan kemampuan Abrams meliputi: peningkatan kontrol penembakan elektronik. Dengan demikian SEPv3 mampu menembak lebih cepat dan lebih akurat.

Kemudian mesin, drive train, dan tracks telah di-updated agar berkemampuan lebih tinggi dan mendukung seiring bertambahnya bobot tank ini. 

Abrams terbaru ini yang lebih berat lapis bajanya dari versi terdahulu, tentu saja membutuhkan peningkatan mesin lebih kuat dan suspensi.

“Penambahan berat tank berasal dari kit yang dipasang, seperti Abrams Armor Reactive Tiles yang dipasang dalam situasi pertempuran jarak dekat,” kata Martin Velazquez, petugas uji.

Namun dari semua teknologi hebat ini, Abrams tetap saja setia mengusung konsep aslinya: kekuatan luar biasa untuk mengalahkan segala bentuk musuh.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply