Tidak Punya Dokumen Sah, KN Bintang Laut Tangkap Kapal Ikan Berbendera Malaysia

0

Dalam kesempatan kunjungannya ke Zona Maritim Barat, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Taufiq R. menyatakan apresiasinya kepada komandan dan ABK kapal patroli KN Bintang Laut 4801 milik Bakamla.

KN Bintang Laut belum lama ini melakukan adhoc terhadap kapal ikan asing (KIA) Vietnam berbendera Malaysia di perairan Natuna Utara.

Karena itu, Taufiq memberikan apresiasi tinggi kepada komandan kapal saat sandar di Pangkalan Armada Kapal Patroli Batam, Provinsi Kepri (30/11/2018).

Menurut Taufiq, dengan keterbatasan dukungan, KN 4801 tetap mampu menjalankan tugas operasi patroli dengan baik. Bahkan berhasil memperoleh hasil tangkapan kapal ikan asing yang akan mencuri kekayaan laut Indonesia.

KN Bintang Laut 4801 yang dikomandani Cap. Margono Eko Senin (26/11/2018) mendapati kapal ikan asing sedang melakukan aktivitas mencurigakan yang diduga illegal fishing.

Saat diperiksa dengan ABK seluruhnya berjumlah 11 orang merupakan warga negara Vietnam, didapati menggunakan alat tangkap jaring apung.

Awak kapal tidak bisa menunjukkan dokumen yang sah seperti Surat Izin Usaha Penangkapan (SIUP), dan Surat Izin Pengangkut Ikan (SIPI) yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Saat ini KIA tersebut sedang diproses di Batam.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.