Dengan Modal Satu Kapal, Presiden Kenya Resmikan Pasukan Penjaga Pantai

0

Presiden Kenya Uhuru Kenyatta meresmikan pengoperasian Kenya Coast Guard Service (KCGS) dalam sebuah upacara pada 19 November 2018 di Liwatoni Fisheries Complex di Mombasa.

Pada saat peresmian, terlihat pasukan penjaga pantai Kenya ini sudah diperkuat satu unit offshore patrol vessel (OPV) Doria.

OPV yang dibuat Western Marine Shipyard dari Bangladesh ini, diserahkan pada kepada Kementerian Perikanan, Peternakan, dan Pertanian Kenya pada Agustus 2017.

OPV Doria yang memiliki panjang 55 m, dilengkapi dek pendaratan helikopter dan tiga tempat peluncuran perahu. Di geladaknya terlihat terpasang kanon Oerlikon 20mm.

KCGS mempunyau tugas melindungi perikanan, menegakkan keamanan dan keselamatan maritim, mencegah penyelundupan, melindungi ekosistem maritim, SAR, dan mendukung militer pada saat perang.

Hingga saat ini, keamanan maritim Kenya bergantung sepenuhnya pada Angkatan Laut. Pihak berwenang mengatakan sekarang akan bebas untuk fokus pada urusan keamanan dan militer.

KCGS Kenya saat ini hanya memiliki satu kapal, yang berarti masih akan sangat bergantung pada Angkatan Laut sampai mempunyai kekuatan yang cukup. Seperti diketahui, Kenya memiliki garis pantai sepanjang 621 mil (1.000 km).

AL Kenya sering melakukan operasi gabungan antinarkoba dengan pasukan keamanan lain di Mombasa.

Pada tahun 2014 atas perintah Presiden Kenyatta, mereka menghancurkan sebuah kapal yang diduga membawa obat terlarang senilai 12,6 juta dolar AS.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply