Impian Indonesia di Monumen Kapsul Waktu, Isinya Akan Diungkap Tahun 2085

0

Kabupaten Merauke, Papua menjadi lautan manusia saat rombongan Presiden Joko Widodo bergerak dari Swiss-Belhotel menuju markas The Avengers. Sejak dari depan hotel, warga dan anak sekolah antusias menanti Jokowi lewat.

Jumat (16/11/2018), menjadi hari bersejarah bagi Kabupaten Merauke. Karena pagi hari itu, Presiden Jokowi meresmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Papua.

Desain Monumen Kapsul Waktu disebut-sebut menyerupai markas pahlawan super ciptaan Stan Lee yang legendaris, The Avengers. Monumen Kapsul Waktu terletak di dekat Bandara Mopah, Merauke.

Monumen Kapsul Waktu dilihat dari depan. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Namun jika diperhatikan dari depan, puluhan besi jeruji menjulang yang dipasang di puncak Monumen menyerupai topi adat Papua yang dipenuhi bulu-bulu burung.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian turut menghadiri peresmian Monumen Kapsul Waktu. Panglima TNI bahkan sudah datang sejak Kamis sore.

Baca: Pastikan Pesawat Presiden Aman Mendarat Malam, Panglima TNI Cek Runway Lights di Lanud Merauke

Panglima TNI di Monumen Kapsul Waktu. Foto: agus suparto/ istana kepresidenan

Monumen Kapsul Waktu berdiri di atas lahan seluas 2,5 hektar. Sekitar 1 hektar digunakan untuk monumen dan 1,5 hektar sebagai alun-alun.

Monumen sebagai bangunan utama dikelilingi oleh lintasan berbentuk jogging track. Lintasan ini dipenuhi warga dan pelajar yang ingin menyaksikan langsung peresmian Monumen Kapsul Waktu.

Tidak hanya untuk menyaksikan peresmian bangunan unik ini, warga juga ingin mencuri kesempatan foto bareng dengan Jokowi.

Monumen Kapsul Waktu dibangun berdasarkan ide Presiden Jokowi pada saat HUT-70 Kemerdekaan Indonesia tahun 2015. Ketika itu Jokowi mengimpikan memiliki sebuah tempat untuk menempatkan kapsul waktu yang menyimpan tujuh mimpi besar pemuda Indonesia.

Presiden Jokowi menerima 34 anak-anak perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia yang membawa kapsul waktu. Foto: beny adrian/ mylesat.com

“Ini akan dibuka 70 tahun lagi,” ujar Jokowi saat peresmian.

Dijelaskan Jokowi, tiga tahun yang lalu setelah mengelilingi 34 provinsi sejauh 24.089 kilometer, Ekspedisi Kapsul Waktu telah berhasil membawa Kapsul Waktu Impian Indonesia 2015-2085 dari ujung Barat ke ujung Timur Indonesia.

Dari Ekspedisi ini berhasil dihimpun impian anak-anak Indonesia dari 34 provinsi. Impian itulah yang disimpan di dalam kapsul dan ditempatkan di atas Monumen dan baru dibuka pada tahun 2085.

“Kelak di tahun 2085 dibuka oleh penerus kita,” ungkap Jokowi.

Setiap Kapsul Waktu ditulis grafir nama asal provinsinya. Kapsul akan dbuka tahun 2085. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Menurut Jokowi, Monumen Kapsul Waktu membawa semangat seperti para The Avengers yang selalu ingin melindungi orang lemah.

“Monumen ini memiliki jiwa dan semangat sama dengan Avangers. Para Avengers bukan hanya punya mimpi besar, tapi melakukan tindakan yang besar untuk melindungi orang banyak, melindungi orang yang lemah,” ulas Jokowi.

Usai meresmikan Monumen Kapsul Waktu, Jokowi bergerak meninggalkan lokasi untuk menunaikan shalat Jumat. Inilah kesempatan yang ditunggu-tunggu warga untuk bisa melihat Jokowi dari dekat, dan berebut untuk selfie bareng.

Monumen Kapsul Waktu diharapkan akan menjaid ikon wisata baru Merauke. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Mulai dari anak kecil, ibu-ibu, laki-laki dan perempuan, berebut kesempatan langka itu.

“Gila, saya dapat fotonya, dapat nih,” ujar seorang siswa sekolah dasar berseragam pramuka berteriak-teriak kepada temannya. Ketika mylesat.com hampiri, memang betul. Foto dirinya bersama Jokowi sudah tersimpan di telepon selularnya.

Ia pun berlari menghampiri temannya sambil tertawa gembira.

Tujuh mimpi anak-anak Indonesia:

1. SDM Indonesia kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia.
2. Masyarakat Indonesia menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius, dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika.
3. Indonesia sebagai pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia.
4. Masyarakat dan aparatur pemerintah kita bebas dari perilaku korupsi.
5. Membangun infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia.
6. Indonesia sebagai negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia-Pasifik.
7. Indonesia sebagai barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.