USS Indiana (SSN 789), Sang Penjaga Supremasi Amerika di Bawah Gelombang Resmi Melaut

0

Angkatan Laut Amerika Serikat menyambut pengoperasian kapal selam serang paling modern dan canggih di dunia, USS Indiana (SSN 789). Upacara peresmian berlangsung di Port Canaveral, Florida, Sabtu (29/9/2018).

“Kapal selam ini mengirmkan sinyal baik kepada teman atau musuh bahwa kita akan menjaga supremasi sekalipun di bawah gelombang, ujar Sekretaris AL AS Richard V. Spencer.

USS Indiana (SSN 789) adalah kapal selam bertenaga nuklir ke-16 dari kelas Virginia dan keenam untuk Block III di kelas Virginia.

USS Indiana diberi julukan Silent Victors. SSN-789 dibangun di Huntington Ingalls Industries-Newport News Shipbuilding di Newport News, Virginia.

Kapal berkemampuan siluman (stealthy) yang mulai dibangun pada 2012 ini, akan menjadi kapal ketiga di lingkungan AL AS yang mengusung nama Indiana.

Kapal pertama Indiana (BB 1), merupakan kelas of battleship yang bertugas di Atlantik Utara dan kemudian berpartisipasi melakukan blokade di Santiago de Cuba saat berlangsungnya Perang Spanyol-Amerika.

Kapal kedua Indiana (BB 58), adalah battleship dari kelas South Dakota yang melakukan sembilan kali pertempuran di Pasifik saat Perang Dunia II.

Kelas dan tipe Kapal selam kelas Virginia
Displacement 7.800 ton
Panjang 114,9 meter
Beam 10,3 meter
Propulsion: reaktor S9G
Kecepatan 25 knot (46 km/jam)
Jangkauan Tidak terbatas, operasi 33 tahun
Uji kedalaman + 240 meter
Kapasitas angkut 134 personel

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply