Prajurit Intai Amfibi Korps Marinir Bebaskan Sandera di Paiton

0

Suasana pagi hari di PLTU Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, pada Kamis (30/08/2018) tidak seperti biasanya.

Didapati kelompok yang berusaha merekrut masyarakat Probolinggo untuk dijadikan anggota gerakan separatis yang akan mengacaukan situasi keamanan dengan melakukan penghasutan dan menyebarkan pahamnya ke masyarakat sekitar Paiton.

Mereka berhasil mengacaukan situasi keamanan dengan mengintimidasi sektor yang vital, salah satunya PLTU Paiton Probolinggo dan kapal-kapal pendukungnya.

Latihan bertujuan untuk meningatkan kemampuan prajurit pasukan khusus TNI AL. Foto: serka mar. kuwadi

Dengan kejadian tersebut, Panglima TNI memerintahkan Pangkoarmada II untuk menggelar operasi khusus yang melibatkan pasukan khusus TNI AL.

Di antaranya Denjaka, Taifib, dan, Kopaska dengan sandi “Gurita-18” untuk membebaskan sandera.

Sebagai pasukan khusus, prajurit Intai Amfibi Korps Marinir melaksanakan terjun tempur dan raid amfibi menuju sasaran untuk membebaskan sandera yang sudah berhasil ditangkap kelompok separatis dan membebaskan masyarakat sekitar yang sudah dipengaruhi untuk menjadi anggota kelompok tersebut.

Kejadian tersebut merupakan skenario latihan yang diikuti prajurit Intai Amfibi Korps Marinir dalam rangka Latihan Integrasi Pasukan Khusus TNI AL Tahun 2018 yang dilaksanakan di Obyek Vital PLTU Paiton, Probolinggo.

Latihan diikuti prajurit Denjaka, Taifib, dan Kopaska TNI AL dengan sandi Gurita-18. Foto: serka mar. kuwadi

Latihan Integrasi Pasukan Khusus TNI Angkatan Laut TA. 2018 bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan kesiapan Pasukan Khusus TNI AL serta uji doktrin dalam melaksanakan tugas TNI AL.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.