Mumpung di Tasik, Panglima TNI dan Kapolri Kunjungi Polres dan Kodim Kota Tasikmalaya

0

Ditemui di tempat terpisah, Kapolres Kota Tasikmalaya AKBP Febry Kurniawan Ma’ruf dan Komandan Distrik Militer (Kodim) 0612 Tasikmalaya Letkol Inf Nur Ahmad menjadi pejabat beruntung hari ini, Selasa (29/5/2018).

Pasalnya kedua perwira menengah Polri dan TNI ini mendapat kunjungan tamu teramat istimewa di lingkungan TNI dan Polri.

Secara maraton pagi ini sebelum kembali ke Jakarta, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian mendatangi Polres dan Kodim Tasikmalaya. Sehari sebelumnya, Panglima TNI dan Kapolri melaksanakan Safari Ramadhan di Kota Tasikmalaya.

Hujan yang mengguyur Kota Tasikmalaya pagi ini tidak mengurungkan niat kedua jenderal untuk bertamu.

“Kapolres beruntung, karena tidak semua kapolres dikunjungi Panglima TNI dan Kapolri secara bersamaan seperti saat ini,” ujar Panglima TNI kepada Kapolres Kota Tasikmalaya.

Selama pertemuan sekitar setengah jam di ruang tamu Kapolres itu, AKBP Febry terlihat sedikit kikuk. Ia selalu duduk dalam sikap sempurna dengan kedua jari tangannya menggenggam. Wajar saja, sebagai perwira menengah ia diapit oleh dua petinggi berbintang empat.

Kapolres Kota Malang diapit Panglima TNI dan Kapolri. Foto: beny adrian/mylesat.com

Sebaliknya Letkol Nur Ahmad sedikit rileks, sambil terus memegangi tongkat komandonya. Tidak ada pembicaraan serius dalam kunjungan Panglima TNI dan Kapolri ini. Malah guyonan ringan dan santai mengalir dari keduanya selama kunjungan.

Seperti Kapolri yang menceritakan pengalaman uniknya saat masih bertugas di Polda Papua soal kebiasaan orang Tasikmalaya menjadi pedagang keliling dengan sistem kredit.

“Dia naik-turun gunung pakai motor yang di belakangnya penuh dengan barang, Bang,” tutur Jenderal Tito menceritakan kehebatan orang Tasik kepada Marsekal Hadi. Dalam suasana santai, Tito memang selalu memanggil Hadi yang lebih senior dengan sebutan bang.

Begitu juga saat Dandim menanyakan, apakah Panglima TNI berkenan memberikan arahan kepada para prajurit, Marsekal Hadi menjawab tidak usah.

“Cukup nanti dari Pangdam saja,” kata Hadi sambil melirik Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan.

Alhasil kunjungan Panglima TNI dan Kapolri pagi ini jauh dari kesan inspeksi. Baik di Polres maupun Kodim, Hadi dan Tito hanya ngobrol santai di ruang tamu bersama pejabat TNI dan Polri lainnya. Jadi intinya kedua jenderal berbintang empat ini hanya ingin mampir untuk menyapa prajurit.

Kunjungan yang sangat santai inipun menyiratkan dengan jelas kedekatan hubungan di antara Marsekal Hadi dan Jenderal Tito, sebagai simbol soliditas TNI dan Polri.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply