Dari Malang untuk Asmat, Korem 083/Baladhika Jaya Kirim Bantuan Kemanusiaan

0

Jajaran Komando Resort Militer (Korem) 083/Baladhika Jaya Kodam V/Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur, mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk warga Asmat yang terkena wabah gizi buruk.

Bantuan diangkut menggunakan pesawat C-130 Hercules A-1316 milik TNI AU melalui Lanud Abdulrahman Saleh, Malang, Jawa Timur, menuju Lanud Timika, Provinsi Papua, Sabtu siang (10/2/2018).

Menurut Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Bangun Nawoko, bantuan kemanusiaan untuk warga Asmat yang terkena wabah gizi buruk itu diperkirakan mencapai 10 ton.

“Bantuan ini digabung dari berbagai sumber yang telah dilakukan TNI AD, AU, AL, Kepolisian serta elemen masyarakat,” ucapnya.

“Bantuan pakaian juga kami berikan dan semuanya adalah pakaian baru. Ini semua merupakan bentuk solidaritas kita terhadap saudara-saudara kita di Papua,” kata Kolonel Bangun.

Danrem 083/Baladhika Jaya Kodam V/Brawijaya melakukan koordinasi sebelum pengiriman. Foto: Pen Korem 083

Lebih lanjut Bangun Nawoko menuturkan bahwa berbagai kebutuhan seperti makanan dan pakaian yang telah dikumpulkan oleh jajaran TNI dan Polri sejak beberapa hari yang lalu, berhasil digalang untuk disalurkan kepada warga Asmat yang tengah mengalami wabah gizi buruk.

“Kami kirimkan bantuan seperti makanan bagi orang dewasa dan anak-anak/bayi yang totalnya mencapai 16 jenis,” ujarnya.

“Pengiriman bantuan menggunakan Hercules TNI AU tidak terlepas dari peran Danlanud Abdulrahman Saleh Marsma TNI Julexi Tambayong,” kata Danrem 083/Baladhika Jaya.

Sebelumnya, upacara pemberangkatan bantuan kemanusian untuk Asmat dilakukan pada Sabtu pagi, dengan Inspektur Upacara Pangdiv 2 Kostrad Mayjen TNI Agus Suhardi.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.