Satgas Yonif Raider 323 Kostrad Pastikan Patok MM 10 Perbatasan RI-PNG Aman

0

Satgas Pamtas RI-Papua New Guinea (PNG) Yonif Raider 323/BP Kostrad, melaksanakan patroli pemeriksaan patok perbatasan RI dengan PNG pada Senin (5/2/2018).

Patroli merupakan salah satu implementasi tugas pokok Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan yang disebar di seluruh perbatasan darat wilayah NKRI.

Patroli dipimpin langsung oleh Dansatgas Yonif Raider 323/BP Kostrad, Letkol Inf Agust Jovan Latuconsina bersama 12 anggota lainnya.

Meski menembus hutan, sungai, dan rawa, ti berhasil mencapai patok. Foto: Satgas Yonif Raider 323

Pengecekan dilakukan untuk mencegah berbagai upaya yang dapat merusak ataupun mengubah kondisi patok. Hal itu juga dilakukan untuk menjaga setiap jengkal wilayah kedaulatan NKRI, sehingga kedaulatan negara tetap terjaga.

Patok MM 10 yang kali ini berhasil dicapai tim patroli, setelah sebelumnya sudah 3 patok dapat diperiksa yaitu patok MM 11.A oleh Pos Rawa Bastop, MM 11.5 oleh Pos Kweel, dan MM 11.1 oleh pos Kalimandom Satgas Yonif Raider 323 Kostrad.

Patok MM 10 berada di tepi Sungai Fly yang berbatasan langsung dengan PNG. Berbagai rintangan dan hambatan berhasil ditaklukkan oleh tim patroli demi mencapai posisi patok.

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 323 Kostrad memiliki tanggung jawab terhadap 9 patok. Foto: Satgas Yonif Raider 323

Setelah menempuh perjalanan darat kurang lebih 50 kilometer, tim melanjutkan perjalanan melintasi rawa-rawa dan sungai menggunakan long boat.

“Walaupun perjalanan darat terhambat lumpur akibat hujan deras dan menembus rawa yang terhalang patahan pohon, patok harus berhasil kita capai, ujar Letda Ctp Abdul Gani sebagai perwira Topografi Satgas.

Di patok perbatasan, tim melaksanakan pembersihan dan memeriksa kondisi patok.

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 323 Kostrad memiliki sembilan tanggung jawab patok yang harus dijaga dan dipelihara selama bertugas di tanah Papua. Mulai dari patok MM 9.1 sampai MM 11.5.

Tim berhail mencapai Patok MM 10 dan melakukan pembersihan. Foto: Satgas Yonif Raider 323.

“Ini merupakan perintah dan amanah dari Kolakops, kami akan memeriksa dan menjaga seluruh patok yang dipertanggungjawabkan selama kami bertugas,” pungkas Dansatgas.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply