Dua Spot Berbarengan, TNI Bantu Warga Asmat dan Korban Gempa Lebak

0

Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali mengirim bantuan kemanusiaan berupa 1.000 lembar selimut dan 2.000 kotak Imukal (makanan bentuk sereal) termasuk peralatan dapur bagi warga Kabupaten Asmat, Papua.

“Bantuan kemanusiaan telah dikirim melalui Lanud Halim Perdanakusuma tanggal 26 Januari 2018,” kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (27/1/2018).

Kapuspen menuturkan bahwa bantuan itu untuk membantu mempercepat penyembuhan penderita gizi buruk maupun campak yang sudah dilakukan oleh Satgaskes TNI sejak pertengahan bulan ini.

“Selain bantuan berupa makanan, TNI juga mengirimkan selimut bagi warga di daerah terpencil Timika khususnya wilayah Oksibil yang cuacanya sangat dingin,” ucapnya.

“Dalam waktu yang sama, TNI juga mengirimkan 400 boks alat peralatan dapur seperti wajan, talenan, panci, pisau dapur, sutil dan ceret pemasak air serta 100 ember plastik dan 250 piring melamin untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari,” kata Mayjen Fadhilah.

Lebih lanjut Kapuspen mengatakan bahwa selain bantuan yang telah dikirimkan, rencananya pada 30 Januari 2018, TNI akan menyuplai makanan tambahan bagi warga Kabupaten Asmat berupa 100 dus semur daging, 100 dus sop merah, 25 dus kacang ijo, 25 dus kacang hitam,  dan beras @5 kg 400 pack.

“Bantuan rencananya akan diangkut dari Lanud Abdulrahman Saleh, Malang, Jawa Timur langsung menuju Timika. Ini semua merupakan bantuan dari pihak-pihak yang peduli dan berempati  terhadap musibah yang terjadi di Provinsi Papua,” ungkap Fadhilah.

Di sisi lain, Kapuspen TNI menyampaikan bahwa dalam kejadian gempa di Lebak Provinsi Banten beberapa hari yang lalu, satuan TNI seperti Kopasus dan Kostrad telah melakukan bantuan penanganan korban gempa.

Anggota Grup 1 Kopassus membantu korban gempa di Lebak, Banten. Foto: Puspen TNI

Untuk mempercepat pemulihan akibat gempa di Lebak, TNI telah mengerahkan 1.101 prajurit dipimpin Komandan Korem 064/MY Kolonel Czi Ito Hediarto.

“Untuk mendukung transportasi darat, TNI mengerahkan 23 truk, dua mobil patroli, dua unit mobil pickup, empat ambulan, 12 tenda pleton, dua unit genset dan 195 velbed,” ujarnya.

“Semua bantuan yang dikirimkan oleh TNI adalah untuk membantu masyarakat, khususnya dalam mempercepat pembangunan kembali rumah-rumah dan fasilitas yang rusak akibat gempa, sehingga masyarakat dapat beraktivitas kembali seperti semula,” kata Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.