Layak Diabadikan, Nurtanio Diusulkan sebagai Nama Pesawat N-219

0

Bangsa Indonesia sudah menyaksikan suksesnya penerbangan perdana pesawat N-219 baru lalu di Bandung.

Pesawat yang diterbangkan Capt. Esther Gayatrio Saleh itu, mengepakkan sayapnya untuk pertama kali dari landasan pacu Husein Sastranegara Bandung pada Rabu (16/8/2017) pukul 09.13 WIB.

Sebagai tahap selanjutnya, tentu masih harus dilakukan beberapa pengujian lagi sehingga pada akhirnya pesawat N-219 layak menerima sertifikat kelayakan.

Dalam pertemuannya dengan KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Mabesau, Cilangkap, Jumat (20/10/2017), Ketua Lapan  Prof. DR Thomas Djamaluddin menyampaikan usulan pemberian nama pesawat N-219 buatan PTDI.

Baca: TNI AU dan Lapan Sepakat Kembangkan Landasan Rumpin

Menurut Thomas, rencana usulan nama ini akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo untuk disahkan.

Jajaran Lapan dan PTDI mengusulkan nama Nurtanio sebagai perintis penerbangan di Indonesia untuk dijadikan nama N-219. “Alternatif lain yang dipilih adalah nama burung sebagai nama pendamping,” ujarnya.

Dalam pertemuan itu, Ketua Lapan juga menyampaikan rencana penggunaan Landasan Rumpin secara bersama oleh TNI AU dan Lapan.

Pemberian nama dan uji terbang pesawat N-219 asli buatan bangsa Indonesia direncanakan pada 10 November 2017, bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Kegiatan akan dilaksanakan di Lanud Halim Perdanakusuma dan disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Diharapkan tahun 2018 pesawat N-219 sudah bersertifikasi, sehingga dapat mulai diproduksi dengan target lebih dari enam pesawat pertahun,” urai Ketua Lapan.

Pada kesempatan tersebut KSAU menyampaikan agar PTDI harus mulai mengubah strategi dari hanya produksi ke bisnis.

“Karena kalau bisnis hitungannya sudah jelas, dengan catatan pembinaan item untuk TNI-Polri lebih diprioritaskan. Mudah-mudahan FAA dapat menyetujuinya, karena masalah penerbangan sarat dengan politik perdagangan,” kata Hadi.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply