Enam Penerbang Lanud Abdulrahman Saleh Ikuti Pendidikan Transisi

0

Regenerasi harus terus berjalan, sebagai bagian dari dinamika organisasi. Ada yang datang namun ada pula yang pergi. Dan skadron udara TNI AU harus terus beroperasi sepanjang hari.

Dalam kaitan itu, Komandan Lanud Abdulrahman Saleh, Malang, Marsma TNI Julexi Tambayong membuka pendidikan transisi penerbang yang berada di lingkungan Lanud.

Transisi yang dilaksanakan adalah untuk penerbang pesawat C-212 Skadron Udara 4, transisi IX penerbang pesawat EMB-314 Super Tucano Skadron Udara 21, dan transisi penerbang C-130 Hercules Skadron Udara 32.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Abd menjelaskan, pendidikan transisi merupakan upaya TNI AU yang tidak pernah berhenti dalam menyiapkan penerbang muda. Pendidikan transisi memiliki arti sangat strategis. Karena nantinya seorang penerbang akan menjadi ujung tombak TNI AU.

Melalui pendidikan ini, para penerbang akan dididik untuk dipersiapkan dalam proses pengembangan SDM khususnya penerbang pesawat angkut maupun pesawat tempur dalam mengoperasikan pesawat di masa mendatang.

Selama latihan transisi akan diberikan materi bina kelas dan bina terbang oleh para instruktur. “Untuk bina kelas meliputi airwork, pattern, instrument, dropping, formasi dan low level serta navigasi,” ujarnya.

Pendidikan transisi bertujuan untuk kaderisasi penerbang dengan sasaran tercapainya tingkat kualifikasi penerbang sesuai pesawat yang telah dilatihkannya. Pendidikan transisi diikuti enam penerbang.

Menurut rencana jam terbang yang akan dicapai untuk pesawat angkut 30 jam terbang dan 50 jam terbang. Sedangkan untuk Super Tucano mencapai 100 jam terbang. Sedang bina kelas 120-150 jam.

Pada upacara pembukaan ditandai penyematan badge satuan sebagai tanda kualifikasi penerbang. Upacara diakhiri dengan ucapan selamat dari seluruh pejabat dan instruktur.

Daftar Penerbang Transisi:

  1. Letda Pnb Yanwar, Letda Pnb Adam (Skadron 4)
  2. Letda Pnb Irfan K (Skadron 21)
  3. Letda Pnb Aditya N, Letda Teguh Cahyono, Letda Pnb Matius Bayu Leksono (Skadron 32)

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.