Dengan Penuh Bangga, KSAU Wisuda 213 Sarjana Teknik Jebolan STT Adisutjipto

0

Sebanyak 213 mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) Yogyakarta, diwisuda pagi ini, Rabu 11 Oktober 2017. Bagi STTA, peristiwa pagi ini merupakan penyelenggaraan wisuda ke-11 sejak perguruan tinggi ini berdiri tahun 2002.

KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto selaku Ketua Pembina Yasau (Yayasan Adiupaya) TNI AU, hadir mendampingi Rektor STTA Marsda TNI (Pur) Dr. Ir. Drs. T. Ken Darmastono, M.Sc saat melantik para sarjana baru tersebut.

Wisuda sarjana STTA dilaksanakan di Gedung Sabang Merauke yang berada di dalam komplek Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta.

STTA merupakan perguruan tinggi swasta (PTS) di bawah pembinaan Yasau (Yayasan Adiupaya). Yasau merupakan yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan membawahi lima PTS di berbagai wilayah di Indonesia.

Berkaitan dengan itu, maka hari ini juga dilaksanakan sidang senat terbuka STTA dalam rangka wisuda sarjana strata 1 tahun 2017/2018. Sarjana yang diwisuda berasal dari lima jurusan yang ada di STTA.

Yaitu 22 sarjana teknik dari Program Studi (Prodi) Teknik Elektro, 19 sarjana teknik dari Prodi Industri, 40 sarjana komputer dari Prodi Teknik Informatika, 35 sarjana teknik dari Prodi Teknik Mesin, dan 97 sarjana teknik dari Prodi Teknik Penerbangan.

STTA didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional pada 2 Agustus 2001. Secara operasional proses belajar mengajar dimulai pada tahun Akademik 2002/2003, bersamaan dengan selesainya pembangunan sarana dan prasarana tahap I.

Pembangunan tahap I meliputi gedung rektorat, perkuliahan, laboratorium, ruang kegiatan mahasiswa, dan kantin mahasiswa. Pembangunan tahap I ini diresmikan oleh KSAU Marsekal TNI Chappy Hakim pada 28 Juli 2002.

Secara santai KSAU ngobrol dengan Andre dan keluarga, salah satu wisudawan yang mendapat beasiswa studi S2 ke Rusia. Foto: beny adrian

Jika melihat sejarah berdirinya STTA, pencetus ide berdirinya kampus ini adalah KSAU Marsekal TNI Hanafie Asnan (1998-2002) yang kemudian direalisasikan oleh Yasau.

STTA saat ini membina sekitar 1.500 mahasiswa dari seluruh wilayah di Nusantara, dari sabang sampai merauke. Dengan spesialisasi di bidang kedirgantaraan, STTA memiliki lima jurusan yaitu Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Mesin, dan Teknik Penerbangan.

Dalam sambutannya KSAU memuji para sarjana lulusan STTA yang baru saja dilantiknya. Pujian ini dilontarkan Marsekal Hadi karena banyak sekali para wisudawan lulus dengan nilai IPK di atas 3,5. “Saya merasa bangga kepada para sarjana yang hari ini dilantik, karena banyak yang menjadi lulusan terbaik dan juga banyak sekali yang meraih predikat cum laude,” ujar Hadi.

Dalam sambutannya Hadi mengutip ucapan Presiden Soekarno yang mengatakan, “beri saya 10 pemuda niscaya saya akan guncang dunia”.

Ditegaskan Hadi, bahwa peran pemuda sangat penting dalam pembangunan yang tengah dan terus dilakukan Pemerintah Indonesia.

Di hadapan civitas akademika STTA, tamu, dan undangan, Hadi pun tak sungkan-sungkan memuji salah seorang lulusan terbaik dari Teknik Kedirgantaraan yang memperoleh beasiswa dari Rosoboronexport untuk melanjutkan studi S2 di Rusia.

“Sebentar lagi saudara kita ini akan melanjutkan sekolah ke Rusia, saya ucapkan selamat, dia tujuh bersaudara, dari Kupang,” ucap Hadi sambil melirik Ir. Andre yang duduk di baris paling depan.

Sebelumnya saat memberikan kenang-kenangan kepada para lulusan terbaik, KSAU sempat berdialog singkat dengan Andre dan keluarganya. Sehingga spontan saat memberikan sambutannya, Hadi langsung melontarkan kekagumannya.

“Saya pesan kepada saudara tadi, belajarlah yang rajin di Rusia dan kembalilah ke tanah air untuk membangun Indonesia dan menjadikan Indonesia hebat, sehinggas benar kata Bung Karno bahwa pemuda Indonesia akan mengguncang dunia,” tutur Hadi yang disambut tepuk tangan hadirin.

Sebelum menutup sambutannya, sekali lagi KSAU menyampaikan harapannya kepada para sarjana yang baru saja dilantik agar terus berbuat yang terbaik. “Dengan prestasi terbaik, supaya tetap konsisten menunjukkan pengabdian terbaik juga kepada masyarakat,” tutup Hadi.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.