Bersama Gubernur AAL, Taruna Kunjungi Komando Armada Italia

0

Gubernur AAL Laksda TNI Wuspo Lukito beserta rombongan Taruna dan Taruni AAL yang saat ini tengah melaksanakan Operasi Kartika Jala Krida (KJK) 2017, mengunjungi Commando In Capo della Squadra Navale (CINCNAV) di Kota Roma, Italia, Jumat (29/9/2017).

Pada kunjungannya Gubernur AAL disambut Ammiraglio di Squadra (Vice Admiral) Donato Marzano yang akan melaksanakan paparan tentang Angkatan Laut Italia di ruang rapat gedung CINCNAV.

CINCNAV alias Commander in Chief Naval Fleet adalah jabatan di lingkungan AL Italia yang bertanggung jawab dalam hal operasional AL Itlaia meliputi kapal, kapal selam, dan pesawat.

Komando ini dibentuk pada 1952 dan sejak 1972 berpangkalan di Santa Rosa di dekat Roma. CINCNAV adalah satu dari lima pos yang berada langsung di bawah Kepala Staf AL Italia.

Donato berharap dapat saling berbagi pengalaman tentang Angkatan Laut masing-masing negara.

Donato bergabung dengan Angkatan Laut tahun 1975 dan luus dari Akademi AL Italian pada 1978.

Pria kelahiran Taranto, Italia 12 Oktober 1956 ini berdinas di kapal perang dan menjadi komandan kapal pemburu ranjau ITS Lerici. Ia juga memimpin Luigi Durand De La Penne dalam Operasi Enduring Freedom.

Donato menjadi Kepala Komando Logistik dari 4 Maret 2015 hingga September 2016 saat ia dilantik sebagai komandan CINCNAV.

Selanjutnya 93 Taruna dan Taruni AAL Angkatan Ke-64 diberikan kesempatan bertanya kepada Commander Marzano.

Salah seorang Taruni AAL Sermadatar (P/W) Virnanda Aulia, menanyakan perbedaan Akademi Angkatan Laut di Italia dan Indonesia.

“Pada dasarnya hampir sama, para kadet Akademi Angkatan Laut Italia juga memiliki kapal sejenis KRI Bima Suci yang dipergunakan untuk latihan pelayaran, nantinya seluruh kadet juga dapat melaksanakan perjalanan di berbagai negara,” jelas Commander Marzano.

Turut mendampingi pada kunjungan tersebut Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) Widiyatmoko Baruno Aji dan Komandan Latihan Satgas Kartika Jala Krida 2017 Letkol Laut (P) Tonny Sundah M.Tr. (Han).

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.