Perjalanan Lancar, KRI Bima Suci Sudah Lintasi Laut Mediterania

0

KRI Bima Suci yang saat ini tengah melaksanakan pelayaran Satgas Kartika Jala Krida (KJK), sedang melintasi Laut Mediterania dalam perjalanannya dari Vigo, Spanyol menuju Indonesia dengan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-64.

Sebanyak 119 Taruna AAL melaksanakan praktik layar dan pengenalan di KRI Bima Suci. Kegiatan ini dilakukan setelah pelaksanaan apel pagi di geladak tengah KRI Bima Suci yang diarahkan langsung oleh Mayor Laut (P) Sugeng Harianto selaku Kepala Departemen Senjata dan Bahari (Kadepsenbah) KRI Bima Suci.

Dalam kesempatan ini Kadepsenbah yang dibantu oleh tim dari Freire yaitu galangan yang membantu pengerjaan kapal KRI Bima Suci, memberikan penjelasan terkait pengenalan tali, tiang, dan layar.

Terutama cara penggunaan tali untuk penarikan layar dan fungsi layar yang akan dibentangkan di setiap tiang yang ada pada kapal latih terbaru TNI AL ini.

Larksen, salah seorang anggota Freire yang ikut pelayaran KRI Bima Suci menuju Italia, turut menjelaskan beberapa peranan yang harus diperankan dalam membentangkan tali.

Di antaranya tim penarik yang berfungsi menahan tali agar tidak tersapu terjangan angin, selanjutnya ada stopper yang berperan memastikan tali tetap dapat dijangkau untuk diikat sesuai kebutuhan.

Setelah itu terakhir mark man yang berperan memutar tali pada tuas agar layar berkembang sesuai arah angin yang ditentukan.

Kita doakan pelayaran kapal latih tiang tinggi pengganti KRI Dewaruci ini bisa selamat tiba di tanah air.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.