Jerman dan Norwegia Pastikan Pesanan A330 MRTT ke Airbus

0

Airbus Defence and Space menerima pesanan pasti untuk lima pesawat berkemampuan pengisian ulang bahan bakar di udara Airbus A330 MRTT (Multi Role Tanker Transports).

Pesanan diterima dari organisasi berbasis Eropa untuk mengatur kerjasama program persenjataan (OCCAR) yang mengatasnamakan NATO Support & Procurement Agency (NSPA) dan didanai oleh Jerman dan Norwegia.

Pesanan ini merupakan kelanjutan dari pengumumam pada 29 Juni dalam sebuah nota kesepahaman (MoU) di antara dua negara yang akan diikuti dengan bergabungnya Belanda dan Luksemburg di dalam program European/NATO Multinational Multi-Role Tanker Transport Fleet (MMF).

Amandemen kontrak diteken di markas bear OCCAR di Bonn, Jerman pada Senin (25/9/2017) yang menambahkan lima pesawat dari dua sebelumnya dipesan Belanda dan Luksemburg, sudah termasuk empat opsi tambahan untuk memungkinkan negara lainnya bergabung ke dalam grup.

Dalam kontrak sudah dicantumkan dua tahun dukungan awal.

Program ini didanai oleh empat negara yang akan memiliki hak istimewa untuk mengoperasikan pesawat NATO ini. Pesawat akan dikonfigurasi untuk in-flight refuelling, angkut penumpang dan kargo serta evakuasi medis.

Dua pesawat pertama sudah dipesan akan dikirim dari pusat konversi pesawat tanker Airbus Defence and Space di Getafe dekat Madrid. Dan semua tujuh pesawat diperkirakan akan diserahkan antara 2020 dan 2022.

European Defence Agency (EDA) menginisiasi program MMF pada 2012. Sementara OCCAR mengelola fase akuisisi MMF sebagai Contract Executing Agent atas nama NSPA.

Setelah tahap akuisisi, NSPA bertanggung jawab atas pengelolaan armada yang sudah lengkap.

Airbus Defence and Space Head of Military Aircraft Fernando Alonso mengatakan bahwa pesanan baru ini lebih jauh menunjukkan posisi A330 MRTT sebagai pesawa tanker dan angkut utama di dunia.

“Kerjasama ini menetapkan MMF sebagai salah satu program kolaboratif paling penting di Eropa dan menjadi model untuk proyek pertahanan Eropa masa depan yang diperkirakan akan diluncurkan di tahun-tahun mendatang,” jelas Alonso.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.