Museum dengan 35 Kamar Mandi, Ya Adanya di Yogyakarta

0

Demi memberikan kenyamanan kepada para pengunjung di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla), Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, pengelola museum pun membenahi fasilitas kebersihan meliputi kamar mandi dan toilet.

Kamar mandi dan toilet ini telah direnovasi sehingga sudah sangat layak digunakan pengunjung Muspusdirla.

Maka hari ini, Jumat (22/9/2017), Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU Marsma TNI Jemi Trisonjaya meresmikan fasilitas umum berupa kamar mandi dan toilet tersebut. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kadispenau.

Peresmian Fasilitas Umum bagi pengunjung itu disaksikan oleh Kepala Museum Letkol Sus Drs. Dede Nasrudin dan Kapentak Lanud Adisutjipto Mayor Sus Giyanto.

Dalam sambutan, Marsma Jemi menyampaikan bahwa renovasi dilakukan atas arahan pimpinan TNI AU dalam hal ini KSAU yang sangat peduli dengan pendidikan dan sejarah.

“KSAU sangat konsen terhadap sejarah dengan memperhatikan, merawat dan menjaga kesejarahan TNI AU. Pesawat-pesawat yang memiliki keterkaitan dengan sejarah yang berada di luar lingkunan museum, dikembalikan ke museum sehingga nilai sejarahnya menjadi lebih tinggi,” ujar Jemi.

“Saya berharap museum tidak hanya menjadi tempat mengoleksi benda-benda bersejarah, tetapi dapat dijadikan sebagai sarana rekreasi yang nyaman, indah dan bersih,“ tuturnya lagi.

Usai meresmikan fasilitas umum di Museum, Kadispenau meninjau restorasi pesawat C-130 Hercules yang akan rampung dalam waktu tiga bulan kedepan. Hercules memang akan menjadi salah satu koleksi Muspusdirla.

Sementara Kepala Muspusdirla Letkol Sus Dede mengatakan, Museum kebanggaan TNI AU ini merupakan satu-satunya museum Angkatan Udara terlengkap di Asia. Dengan penambahan koleksi, status Muspusdirla akan naik menjadi museum Tipe A yang dinilai oleh Dinas Kebudayaan Propinsi DIY.

Menurut Letkol Dede, pihaknya berupaya meningkatkan sarana dan fasilitas yang dimiliki dengan merenovasi kamar mandi VIP yang rusak akibat gempa 2005. Selain itu penambahan toilet merangkap kamar mandi untuk pengunjung yang berjumlah 35 kamar.

Dalam waktu dekat terkait HUT Koharmatau dan HUT Korpaskha pada bulan Oktober, rangkaian acaranya juga akan dilaksanakan di Museum Dirgantara Mandala.

Sesuai UU No 10 Tahun  2011, Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala ditetapkan sebagai cagar budaya dan salah satu tujuan destinasi wisata yang wajib dikunjungi di DIY.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.